Minggu, 28 November 2021

Program Vaksinasi Polres Muarojambi Sasar Warga Desa Terpencil

Rabu, 18 Agustus 2021 | 22:26:34 WIB


Pelaksanaan vaksinasi bagi warga desa terpencil di Kabupaten Muarojambi
Pelaksanaan vaksinasi bagi warga desa terpencil di Kabupaten Muarojambi / istimewa

Muarojambi – Upaya menuntaskan target vaksinasi Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. Salah satunya adalah Polres Muarojambi yang menggelar vaksinasi di daerah terpencil.

 
Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja menyebutkan, kegiatan vaksinasi kali ini digelar di Desa Manis Mato, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi.
 
Meski sulit dijangkau dengan akses darat dan hanya dapat ditemput melalui jalur air, namun aparat kepolisian tetap berupaya agar warganya dapat divaksin. 
 
Untuk tiba di Desa Manis Mato ini, Kapolres beserta rombongan dan tenaga kesehatan harus menempuh perjalanan darat selama satu jam, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan air di Sungai Batanghari menggunakan speedboat selama satu jam. 
 
Menurut Yuyan, kegiatan vaksinasi ini dirasa tepat dilaksanakan di Desa Manis Mato, karena daerahnya cukup jauh dari fasilitas kesehatan terdekat.
 
Dikatannya, warga Desa Manis Mato jangan takut untuk di suntik vaksin karena vaksin tersebut halal. "Jangan takut dan jangan termakan informasi hoax," pesan Kapolres Muarojambi, Rabu (18/8/2021).
 
Kapolres juga meminta kepada Kades dan Camat di Kabupaten Muarojambi untuk melakukan pengecekan kepada warganya yang sedang kurang sehat untuk segera dilaporkan. "Segera cek dan laporkan apabila ada warganya yang sakit," kata AKBP Yuyan Priatmaja. 
 
Warga Manis Mato sendiri sangat antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi yang digelar Polres Muarojambi karena jika harus keluar desa, akan memakan biaya cukup banyak. 
 
"Alhamdulilah ada kegiatan vaksinasi di desa kami. Soalnyo kalo kami nak ke Puskesmas jauh, harus pake pompong perjalanannyo lamo biso 3 jam. Selain itu, biayanyo mahal Rp100   ribuan," ujar salah satu warga. 
 
Camat Taman Rajo, Joni Erlintas mengatakan, pelaksanaan vaksin di Desa Manis Mato, merupakan vaksin dosis pertama. "Ini program dari Polri di desa kita ini, dan ini merupakan vaksin dosis pertama," katanya. 
 
Joni juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Muarojambi yang telah sudi mengunjungi langsung Desa Manis Mato. Sebab, jarang ada pejabat tinggi Polri yang datang ke desa ini. 
 
"Kapolres datang ke Desa Manis Mato bukan hanya menyaksikan warga di vaksin, tetapi juga memberikan bantuan sembako untuk warga yang sudah divaksin," ungkapnya. 
 
Camat Taman Rajo juga menghimbau kepada warga Manis Mato yang telah divaksin agar segera memberitahukan tetangga sekitarnya agar mereka mau divaksin. 
 
"Setelah pulang kasih tahu tetangga sebelah agar mau divaksin karena vaksin ini halal. Semoga di Desa Manis Mato terbebas dari Covid-19," katanya. (*)

Penulis: Bar
Editor: ikbal ferdiyal


TAGS:


comments