Senin, 6 Desember 2021

Sejumlah Kendaraan Masih Bebas Melintas, Petugas Bantah Penyekatan Tidak Efektif

Senin, 23 Agustus 2021 | 20:09:00 WIB


Pos penyekatan Aurduri 1, Kota Jambi
Pos penyekatan Aurduri 1, Kota Jambi / Metrojambi.com

JAMBI - Meski sudah ada pos penyekatan di beberapa titik, namun sejumlah kendaraan masih bebas masuk ke wilayah Kota Jambi pada hari pertama permberlakuan pengetatan PPKM level IV.

Pantauan Metrojambi.com, sekira pukul 15.55 WIB setelah turun hujan, sejumlah kendaraan dapat memasuki wilayah Kota Jambi melalui pos penyekatan di Aurduri 1, tanpa pemeriksaan dari petugas.

Namun saat dikonfirmasi, komandan regu pos penyekatan Aurduri 1, Aiptu Edi Hariyanto membantah jika penyekatan tidak efektif. Dikatakan Edi, petugas juga memiliki keterbatasan, dan pada saat itu sedang turun hujan deras.

"Kami ada keterbatasan juga karena sekarang baru selesai hujan. Setelah ini kami action lagi di jalan," kata Edi.

Dijelaskan Edi, pada pos penyekatan Aurduri I ada dua regu yang bertugas, dimana setiap regu berjumlah 24 orang. "Sistem kerjanya 1x24 jam. Satu regu 24 orang," ujar Edi.

Saat ditanya apakah pos penyekatan kekurangan personel, Edi mengatakan cukup. "Anggota cukup. Tapi pada saat jam sibuk, jam kerja, memang kami sempat kewalahan," kata Edi.

Lebih lanjut, Edi mengatakan untuk hari pertama penyekatan, ada sekitar 50 kendaraan yang diperintahkan putar balik karena tidak bisa menunjukkan syarat untuk memasuki Kota Jambi.

"Sekitar 30 kendaraan roda empat dan 20 kendaraan bermotor diperintahkan putar balik," tandasnya.

Untuk diketahui, selama pemberlakuan PPKM level IV, 23-29 Agustus 2021, setiap pengendara yang akan memasuki wilayah Kota Jambi wajib menunjukkan bukti sudah divaksin Covid-19, dan negatif swab atau rapid test antigen.

Bagi pengendara yang tidak bisa menunjukkan syarat tersebut akan di-rapid test antigen di pos penyekatan, atau diperintahkan putar balik.

 


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments