Minggu, 28 November 2021

Bupati Batanghari: Beri Kepercayaan dan Ruang Ekspresi Pada Milenial

Selasa, 24 Agustus 2021 | 14:09:43 WIB


Bupati Batanghari M. Fadhil Arief saat menjadi narasumber webiner \
Bupati Batanghari M. Fadhil Arief saat menjadi narasumber webiner \"Kepemimpinan di Era Milenial\" yang dilaksanakan Kominfo bersama DPR RI / ANTARA/HO-Diskominfo Batanghari

 JAMBI - Bupati Batanghari, M. Fadhil Arief mengatakan, kalangan milenial harus diberi kepercayaan dan ruang ekspresi yang lebih besar untuk berkontribusi bagi kemajuan negara.

"Gelombang budaya barat yang secara masif memengaruhi generasi muda Tanah Air berdampak kepada perilaku pragmatis, hedonis, dan konsumtif, maka dari itu generasi muda harus diberi kepercayaan dan ruang ekspresi yang lebih besar dalam berkontribusi membangun bangsa dan negara," katanya.

Ia mengatakan hal itu saat menjadi narasumber pada webiner "Kepemimpinan di Era Milenial" bersama DPR RI dan Kementerian Kominfo.

Dia mengatakan generasi milenial memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki generasi lain, di antaranya memiliki energi yang lebih kuat dibandingkan dengan kelompok usia yang lain, kekuatan potensial untuk menggerakkan ke arah perubahan besar karena lebih memiliki semangat dan produktivitas.

Selain itu, generasi milenial jauh lebih memiliki memungkinkan untuk mendapatkan akses terhadap pengetahuan dan teknologi.

Penguasaan terhadap pengetahuan dan teknologi, katanya, selain bermanfaat untuk dirinya juga untuk terlibat dalam proses edukasi dan membangun kesadaran masyarakat secara lebih luas.

Ia mengatakan keingintahuan yang besar menjadikan milenial senantiasa melakukan eksplorasi, hipotesis, dan eksperimen.

Oleh karena itu, katanya, tidak jarang kelompok milenial banyak menghadirkan inovasi dalam banyak hal.

Milenial memiliki energi yang lebih, baik secara jumlah maupun karakter atau tipikal sehingga energi tersebut mampu menjadi kekuatan di dalam membangun suatu tujuan secara komprehensif.

"Suatu yang mahal dalam politik adalah membangun sebuah jaringan dan milenial memiliki itu semua atas kemampuannya bertransformasi dengan digitalisasi," kata Fadhil Arief.

Menurut dia, milenial akan memiliki kekuatan besar yang tidak dapat ditolak oleh sistem dan perkembangan zaman saat mereka menguasai tiga hal, yakni data, pengetahuan dan teknologi, serta jaringan.

"Jika memiliki data maka akan mampu menunjukkan fakta atas kondisi yang ada dengan pertanggungjawaban yang jelas. Saat menguasai pengetahuan dan teknologi maka akan mampu mengikuti perkembangan zaman, bahkan mampu menuntun ke arah perubahan, dan yang memiliki jaringan yang luas maka akan sangat mudah membangun dan mengembangkan komunitas dan program," katanya.

Bupati Batanghari M. Fadhil Arief menjadi narasumber pada webiner "Kepemimpinan di Era Milenial" yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta DPR RI bersama dengan anggota Komisi I DPR RI Hasbi Ansori dan Direktur Jenderal IKP Kemenkominfo Usman Kansong. Sebanyak 234 peserta yang mengikuti kegiatan secara virtual melalui Zoom Meeting tersebut.

Webiner juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube Ditjen IKP Kominfo. Webiner tersebut dilaksanakan dengan harapan milenial di Tanah Air memiliki semangat berbangsa dan bernegara sehingga mampu menjadi agen perubahan dalam pembangunan.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments