Selasa, 26 Oktober 2021

Sewa Ruko Milik Pemkab Sarolangun Tetap Naik

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:57:06 WIB


Sekda Sarolangun, Endang Abdul Naser
Sekda Sarolangun, Endang Abdul Naser / dokumen - Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Sewa ruko milik Pemerintah Kabupaten Sarolangun di kawasan pasar tetap mengalami kenaikan harga. Bahkan Peraturan Daerah mengenai penyesuaian tarif tersebut sudah diterbitkan pada akhir 2020 lalu.

Sekretaris Daerah Kabupateb Sarolangun, Endang Abdul Naser mengatakan, untuk sewa ruko pasar eks almarhum H Ibrahim telah disepakati mengacu pada aturan terbaru tersebut.

"Alhamdulillah sudah kita sepakati bahwa Perda itu tidak bisa ditunda. Tetap berjalan dan hanya mungkin mohon keringanan," kata Endang, Selasa (24/8).

Endang menyarankan kepada pedagang untuk melayangkan surat ke Bupati Sarolangun mengenai tarif yang telah diatur dalam Perda tersebut. Menurutnya, pedagang boleh mengajukan surat untuk minta keringanan langsung kepada Bupati.

"Ada prosedur, keberatan diajukan ke pak Bupati. Jadi mungkin tetap makai harga sewa yang lama atau Perda yang lama," katanya.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum usai, tidak menutup kemungkinan permasalahan terselesaikan.

"Bisa kita ajukan, tapi itu hak kewenangannya Bupati nanti dengan DPRD. Lihat situasi yang penting Perda tidak bisa di cegah, tetap jalan dan mungkin ada keringanan," katanya lagi.

Endang membeberkan kini masih tersisa sekitar 44 ruko yang belum bayar pelunasan harga sewa. Kedepan pihaknya akan kembali melakukan penagihan kepada para pedagang.

Sebelumnya, perwakilan pedagang pasar Sarolangun telah menyampaikan keberatan kepada pemerintah daerah dengan mendatangi gedung DPRD Sarolangun beberapa waktu lalu. Mereka meminta agar pemerintah mengkaji lagi rencana penerapan Perda tersebut yang dirasa memberatkan.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments