Senin, 16 Mei 2022

Bupati Tanjabbar Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Bersama Presiden

Rabu, 25 Agustus 2021 | 17:48:48 WIB


/

KUALA TUNGKAL -- Bupati Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) Anwar Sadat, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2021 secara virtua, Rabu (25/8/2021)di Ruang Rapat Bupati.

Rakornas ini dibuka secara resmi oleh Presiden  RI Joko Widodo didampingi Menko Bid Ekonomi selaku TPIP (Tim Pengendali Inflasi Pusat), Gubernur Bank Indonesia, Menkeu dan Mendagri selaku wakil ketua TPIP.

Presiden RI Joko Widodo, dalam arahannya mengatakan Indonesia patut bersyukur di kondisi saat ini. Kondisi di mana dunia dilanda pandemi covid 19.

“Ekonomi Indonesia berhasil keluar dari resesi pada kuartal II-2021 dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 7%. Akan tetapi tantangan ke depan perlu diwaspadai agar pemulihan ekonomi tetap berjalan,"katanya

Presiden juga meminta meski kondisi perekonimian dan kesehatan terus membaik. Namun, hal itu jangan membuat kita lalai justru kewaspadaan harus terus di tingkatkan. Karena kondisi bisa berubah sewaktu waktu.

“Kita semakin membaik tetapi tetap kita harus menjaga kewaspadaan,”jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat, mengatakan di Rakornas tersebut Presiden meminta kepada kepala daerah untuk melakukan penguatan pada sektor yang tidak terdampak dari pandemi. Sektor itu terutama sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. 

“Alhamdulilah apa yang kita lakukan ini merupakan perhatian Pak Presiden dan terus kita kembangkan terutama sektor yang tidak terdampak pandemi,”katanya. 

Bupati menjelaskan ada beberapa aspek yang perlu dilakukan penguatan seperti BUMDes, Teknologi Pertanian, KUR (Kredit Usaha Rakyat). Sedangkan di sektor pertanian dan pasca panen. Bupati menegaskan KUR perlu terus di jaga terutama untuk para petani. Maka dari itu, upaya yang akan dilakukan yakni koordinasi dan kerja sama dengan bank demi menjamin stabilitas harga. Kemudian di bidang teknologi pertanian juga perlu di tingkatkan hal itu diperlukan dalam rangka meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian yang kita miliki. 

“Semoga rakornas Pengendalian Inflasi 2021 yang telah kami ikuti secara virtual memberikan masukan-masukan strategis untuk kami selaku bupati tanjung jabung barat untuk ditindak lanjuti,” tutupnya. 

Turut hadir Asisten II Setda Ir. H. Erwin, Kadis Kopperindag, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kadis Perikanan, Kadis Perhubungan, Kabag Perekonomian dan Perwakilan Bappeda.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments