Rabu, 1 Desember 2021

Ahmadi: Sungaipenuh Bakal Punya Alat Swab PCR

Senin, 30 Agustus 2021 | 11:12:49 WIB


/ istimewa

SUNGAIPENUH - Kota Sungaipenuh dalam waktu dekat bakal memiliki alat Swab-PCR (Polymerase Chain Reaction) Covid-19. Alat Swab-PCR ini diharapkan bisa mempermudah pelayanan masyarakat dan tenaga medis dalam melakukan tracking pasien Covid.

“Alatnya sudah stand by di provinsi dan siap didatangkan ke Kota Sungaipenuh. Satu alat akan ditempatkan di rumah sakit dan dua alat dalam bentuk mobil keliling,” ujar Walikota Sungaipenuh, Ahmadi Zubir.

Dijelaskannya, alat tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Jambi. Beberapa waktu lalu, Ahmadi mengaku menghubungi Gubernur Jambi dan menyampaikan kondisi Covid-19 di Kota Sungaipenuh.

“Saya menyampaikan ke Pak Gubernur bahwa melihat perkembangan Covid di Sungaipenuh, kita perlu alat PCR untuk memudahkan dan mempercepat pemeriksaan terhadap warga,” jelasnya.

“Alhamdulillah dikabulkan pak Gubernur. Sekarang sedang dipersiapkan sarana dan prasarana pendukung di RSU. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan, ada alat langsung bisa tes, tidak begitu. Masih banyak sarana pendukung yang harus disiapkan,” tambahnya.

Dengan adanya alat tersebut, Ahmadi berharap penanganan Covid-19 di Kota Sungaipenuh, bisa maksimal dan dapat memutus mata rantai penyebarannya lebih cepat, dan tidak lagi menunggu lama hasi swab.

“Selain Kota Sungaipenuh, PCR mobile juga bisa dimanfaatkan masyarakat Kerinci, karena mobil tersebut bebas bergerak di Sungaipenuh dan Kerinci,” katanya.

“Meskipun nanti alat Swab-PCR ada, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Jika ada keluhan sakit, masyarakat jangan takut berobat dan melakukan tes PCR jika diperlukan,” terangnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments