Selasa, 26 Oktober 2021

Selama Agustus, BPBD Sarolangun Lakukan Enam Kali Pemadaman Karhutla

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:10:41 WIB


Petugas saat memadamkan kebakaran lahan di Sarolangun
Petugas saat memadamkan kebakaran lahan di Sarolangun / dok/metrojambi.com

SAROLANGUN - BPBD Kabupaten Sarolangun mencatat, titik panas mengalami peningkatan dalam sebulan terakhir. Selama Agustus, lebih kurang sekitar 20 titik hotspot yang terpantau.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sarolangun Yen Aswadi ketika dikonfirmasi membenarkan terjadinya peningkatan titik panas atau hotspot.

"Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sarolangun dalam sebulan terakhir memang agak naik. Dimana ada titik hotspot dan ada juga kebakaran yang sempat kami padamkan," ujarnya, Senin (30/08).

Meski demikian, Yen mengungkapkan sejauh ini, permasalahan masih dapat diselesaikan tim Satgas Karhutla Kabupaten Sarolangun.

"Untuk satu bulan terakhir lebih kurang sekitar 20 an titik hotspot dan untuk kebakaran yang sudah kami padamkan lebih kurang sekitar enam titik diberbagai kecamatan," katanya.

Dijelaskannya, peristiwa kebakaran sendiri paling banyak terjadi di Kecamatan Bathin Vlll dan kawasan lainnya. "Untuk luasan belum bisa kami sampaikan karena masih dilakukan perekapan oleh petugas," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemadaman di enam titik. Luasan lahan yang paling banyak terbakar sekitar satu hektar.

"Peristiwa kebakaran ini terjadi di lahan masyarakat. Tapi apakah kebakaran itu disengaja atau tidak masih dalam penyelidikan," ungkapnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments