Selasa, 4 Oktober 2022

Pembangunan PLTU Terbesar di Sumatera Belum Terealisasi

Selasa, 07 September 2021 | 09:39:52 WIB


Bupati Sarolangun, Cek Endra
Bupati Sarolangun, Cek Endra / Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di wilayah Kabupaten Sarolangun, belum terealisasi. Digadang bakal jadi PLTU terbesar di Sumatera, proyek tersebut kini belum menunjukkan titik terang pembangunannya.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan, rencana pembangunan PLTU Mulut Tambang Jambi 1 di Desa Pemusiran informasi terakhir ada permasalahan dengan pemegang izin.

"PLTU itu sampai sekarang masih mandek. Sebelumnya, kita sudah ada pertemuan dengan Indonesia power selaku pemegang izin," kata Cek Endra, Senin (6/9).

Bupati Sarolangun dua periode ini menerangkan, kalau dari perizinan AMDAL daerah, pihaknya sudah menyelesaikan keseluruhan. "Macetnya pada investor, yang sampai saat ini belum ada," katanya.

Cek Endra berharap agar pembangunan PLTU dapat terealisasikan. Sebab, dari segi lahan dan perizinan sudah usai tinggal menunggu minat dari investor yang akan menanam modal.

"Pusat lah lagi yang mencari investornya dan dari PLN yang mencari partnernya," ungkapnya.

Kondisi serupa kata Cek Endra juga terjadi pada rencana pembangunan pabrik Semen Baturaja di daerah. Menurutnya, masalah keuangan dan sebagainya itu menjadi penghalang terealisasinya rencana tersebut.

Sementara itu, pemerintah daerah mengaku tidak dapat berbuat banyak dan lebih berharap pada perusahaan plat merah.

"Belum ada aturan kalau untuk ke pihak lainnya. Karena itu pegang konsorsiumnya Indonesia power milik PLN, bukan swasta tapi BUMN," pungkasnya.

Proyek pembangunan PLTU di Desa Pemusiran Kabupaten Sarolangun itu rencananya akan dibangun dengan kapasitas 2x300 mega watt.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments