Selasa, 28 September 2021

Covid-19 Renggut Orang Tua 128 Anak

Kamis, 09 September 2021 | 08:24:04 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI - Ratusan anak di Provinsi Jambi kehilangan orang tua yang meninggal dunia karena terpapar virus Covid-19. Ratusan anak tersebut memerlukan perhatian berbagai pihak, termasuk pemerintah.

Menurut data Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi, setidaknya ada 128 anak yang kehilangan orang tua. “Sebanyak 128 orang yang kehilangan orang tua kandung, baik ibu maupun ayah meninggal dunia,” ujar Sekretaris Dinsos Dukcapil Fadli, Rabu (8/9).

Fadli mengatakan, Dinsos akan menyerahkan bantuan dari Kemensos kepada ratusan anak tersebut. Bantuan akan diberikan setiap bulan. Namun, pihaknya kini masih melengkapi dan memverifikasi data sesuai arahan Kementerian Sosial.

“Kita bersama kabupaten dan kota terus mendata orang tua kandung anak yang meninggal. Tim di lapangan terus memproses data. Kebenaran data, NIK, alamat serta kebenaran meninggal akibat terpapar Covid-19 kita verifikasi,” jelasnya.

Sesuai arahan Kementerian Sosial, setiap anak akan dibantu Rp 300 ribu per bulan. “Jumlah 128 anak itu adalah data 2021 yang diminta Kementrian Sosial. Sedangkan data 2020 belum ada karena tidak diminta,” sebutnya.

Diketahui, 128 anak yang kehilangan orang tua tersebar di Kabupaten Muarojambi 10 orang, Kota Jambi 37, Sungaipenuh 8, Kerinci 5,  Tanjabbar 16, Bungo 15, Sarolangun 12 anak dan Batanghari 6 orang.

Menurut Fadli, Pemprov juga menyediakan Balai Sosial Khusus Anak untuk mengurus psikologi anak-anak yang ditinggal orang tua.

Kepala Dinas Sosial Kota Jambi Noviarman juga mengaku masih terus mendata anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. “Itu data sementara, masih banyak yang belum selesai terdata. Ini sedang proses memenuhi permintaan Dinas Sosial Provinsi,” ujarnya.

Dia masih menunggu data dari kecamatan dan DPMPPA Kota Jambi. “Untuk selanjutnya seperti apa kami belum tahu. Kami hanya diminta mendata karena kabarnya anak-anak ini akan diberikan bantuan,” tandasnya. 

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Kamaludin Havis mendorong Pemprov ikut membantu anak-anak yang kehilangan orang tua karena Covid-19. “Saya meminta Dinsos mendata dengan cermat. Jangan sampai ada yang tidak terdata,” ujarnya.

Anggota Fraksi PPP ini bahkan menginginkan besaran bantuan ditambah. Akan tetapi, tetap menyesuaikan dengan kesanggupan APBD. “Nanti akan dipelajari lagi soal arahan dari Kemensos itu,” pungkasnya.


Penulis: chy
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments