Selasa, 26 Oktober 2021

11 Cara Mencerahkan Wajah agar Tidak Kusam, ini Tipsnya!

Minggu, 12 September 2021 | 12:09:30 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / https://pixabay.com/photos/toner-skin-skincare-cooling-facial-906142/

PUNYA wajah cerah dan bersih menjadi idaman banyak wanita dan pria terutama Indonesia. Kulit wajah seperti ini menjadi tren digandrungi serta impian, bukan hanya dikalangan wanita, tapi juga pria pada umumnya. Pengetahuan mengenai cara mencerahkan wajah dengan metode obat-obatan kimia tertentu kerap jadi pilihan. Namun, tidak sedikit akibat pola tersebut memicu risiko yang kurang diterima untuk wajah bahkan memperburuk keadaan tubuh.

Padahal menggunakan cara natural atau yang lebih alami untuk mencerahkan wajah menjadi pilihan baik untuk Anda lakukan, walau melalui proses dan waktu yang lama. Cara ini dinilai lebih aman dan minim risiko yang menimbulkan banyak efek samping membahayakan kesehatan wajah dan tubuh.

Pahami Cara Mencerahkan Wajah yang Efektif

Tidak bisa dimungkiri apabila saat ini banyak wanita dan pria yang memiliki impian wajah yang bersih cerah merona. Wajah dambaan turut memberi rasa percaya diri ketika menjalani aktivitas sehari-hari berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Untuk mendapatkan wajah indah dapat melakukan rekomendasi cara yang aman, mudah dan terjangkau, simak ulasan berikut ini:

1. Manfaat Lemon dan Madu

Merawat wajah yang bersih dan cerah pada dasarnya bukanlah mustahil untuk diwujudkan, meskipun menjalani prosesnya berkelanjutan dilakukan secara rutin. Pilihan alternatif bahan alami disekitar dapat dimanfaatkan dengan baik, contohnya perpaduan antara lemon dengan madu. 

Informasi perlu Anda ketahui, buah lemon mengandung vitamin C yang tinggi bermanfaat baik untuk mencerahkan wajah serta membantu mencegah munculnya gejala komedo dan jerawat. Cara penyajiannya yaitu peras satu buah lemon dan campur dengan satu sendok madu. Oleskan pada kulit wajah secara merata dan tunggu hingga 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar hasil yang didapat lebih maksimal.

2. Masker Tomat

Menggunakan masker untuk mencerahkan wajah kerap jadi pilihan banyak kaum wanita sebagai cara merawat kulit wajah karena lebih praktis digunakan. Salah satu bahan pilihan yang dapat digunakan sebagai masker alami adalah buah tomat karena memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Tomat mempunyai kandungan vitamin C dan E yang bagus sebagai nutrisi kulit. Keunggulan bahan alami ini juga mengandung antioksidan membatu untuk menangkal radikal bebas yang kerap menempel di lapisan kulit wajah..

3. Cuka Apel

Cara mencerahkan wajah secara alami selanjutnya adalah menggunakan cuka apel. Meskipun dikenal memiliki tingkat keasaman cukup tinggi, tapi cuka apel ternyata memiliki manfaat yang baik untuk membantu meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Wajah pun dapat menjadi cerah dan halus apabila rutin menggunakan bahan ini sebagai toner. 

4. Putih Telur

Bagi para wanita yang sebelumnya pernah menggunakannya untuk merawat kulit wajah tentu merasakan manfaat apabila putih telur termasuk bahan yang baik dan ampuh untuk mencerahkan wajah. Putih telur banyak mengandung protein yang dapat membantu menumbuhkan sel-sel baru untuk mengganti kulit yang kusam.

Caranya penggunaannya cukup mudah, dengan memisahkan putih telur dan kuning telur. Selanjutnya ambil putih telur dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan hingga kering dan mengeras, setelah itu dibilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Lidah Buaya

Nutrisi bahan ini terkandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kekusaman kulit. Tidak heran apabila banyak skin care yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan komposisi untuk mencerahkan wajah. Bahan ini dapat digunakan sebagai masker dengan cara mengoleskan gel yang terdapat pada bagian lidah buaya pada wajah secara menyeluruh dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih hangat.

6. Susu Sapi

Sejak dahulu susu sapi telah digunakan sebagai bahan untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit oleh para Ratu dunia. Selain mengandung kalsium yang baik untuk tulang, susu juga memiliki kandungan vitamin B12 dan B6 yang bermanfaat untuk mencerahkan dan melembutkan wajah. 

Cara menggunakan bahan ini adalah dengan menyiapkan susu sapi murni dan selembar kain bersih. Namun, pastikan terlebih dulu bahwa susu tersebut tidak mengandung perasa dan pewarna.

7. Pepaya

Buah pepaya tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tapi juga berguna untuk membuat wajah menjadi cerah dan sehat. Buah ini dapat dijadikan pilihan sebagai masker untuk melawan bakteri pada wajah dan mencegah kulit menjadi kusam. Gunakan masker pepaya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

8. Alpukat

Cara mencerahkan wajah berikutnya dengan menggunakan buah alpukat. Buah ini diketahui memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Sama halnya dengan buah pepaya, cara menggunakannya buah alpukat sebagai masker tanpa campuran bahan lainnya. Daging buah alpukat dapat di blender hingga menjadi lulur agar lebih lembut saat dioleskan ke kulit wajah. Setelah masker tersebut kering bilas dengan air hangat dan lakukan hal yang sama secara rutin setiap harinya.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tersohor sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah sejak ratusan tahun yang lalu. Dalam minyak tersebut terkandung omega 3, 6 dan 9 yang baik untuk kesehatan kulit serta membantu meregenerasi kulit mati agar wajah tidak kusam. Cara penggunaannya dengan mengoleskan bahan alami minyak zaitun perlahan pada kulit wajah secara merata & diamkan sejenak selama 15 menit, tunggu sekiranya hingga kering dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

10. Kunyit

Selanjutnya bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah yaitu kunyit. Bahan ini telah banyak digunakan para Putri Bangsawan untuk mencerahkan kulit. Mereka kerap menggunakannya sebagai lulur dan masker. Disisi lain, bahan ini juga baik untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Gunakan kunyit yang dicampur dengan air lemon atau susu sebagai masker setiap hari untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah aman dan maksimal.

11. Bengkoang

Barangkali Anda sering melihat tayangan iklan skin care dengan bahan dasar bengkoang menjadi bahan alami untuk kesehatan kulit. Karena keunggulan bahan ini mengandung vitamin C dan B yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta mencerahkannya. Cara penggunaannya parut bengkoang dan gunakan perasan air dari bahan tersebut sebagai masker. Untuk ampasnya bisa digunakan sebagai scrub.

Nah, apabila Anda tidak mempunyai waktu luang untuk mengolah mengemas bahan-bahan tersebut sebagai alternatif masker pencerah wajah, dapat beralih ke produk kecantikan atau skincare yang mengandung bahan alami tersebut untuk mencerahkan wajah. Salah satu diantaranya adalah produk dari Wardah.

Mendapatkan produk tersebut semakin mudah dengan hadirnya Blibli. Marketplace yang menyediakan aneka perlengkapan kecantikan wajah termasuk skin care Wardah untuk mencerahkan kulit lebih praktis, aman dan terjangkau.

Tinggal pilih mana produk yang sesuai dengan jenis kulit, klik, bayar dan barang akan dikirim secepatnya. Kemudahan pilihan cara mencerahkan wajah saat ini lebih terbantu dengan hadirnya Blibli dalam aplikasi smartphone Anda. Tunggu apalagi, ingin wajah carah alami dengan bahan natural, langsung kunjungi Blibli pilih skin care favorit Anda!


Penulis: ***
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments