Selasa, 28 September 2021

Provinsi Jambi Terima Dua Penghargaan Bidang Pertanian

Senin, 13 September 2021 | 19:38:40 WIB


Gubernur Jambi Al Haris menunjukkan dua piagam penghargaan
Gubernur Jambi Al Haris menunjukkan dua piagam penghargaan "Abdi Bakti Tani" tahun 2021 di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Senin (13/9/2021). Pemerintah Provinsi jambi menerima dua kategori penghargaan pada penghargaan abdi bakti tani tahun 2021 dari Kementerian Pertanian / Antara/HO/Diskominfo Provinsi Jambi

 JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris menerima dua kategori penghargaan pada pemberian penghargaan "Abdi Bakti Tani" tahun 2021 Kementerian Pertanian yang diberikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Senin.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Senin (13/9), Gubernur Jambi menerima penghargaan kategori nilai ekspor komoditi pertanian tertinggi periode Juni 2020 sampai dengan Juli 2021. Dimana Provinsi Jambi berada pada peringkat ke 3 tingkat nasional.

Kemudian pada kategori peningkatan produksi padi tertinggi tahun 2019-2021, Provinsi Jambi berada pada peringkat ke 5 secara nasional.

Al Haris dalam keterangan tertulis-nya mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara agraris dengan sumber daya alam yang luar biasa. Banyak daerah yang aktif melakukan pembangunan di bidang pertanian dengan memaksimalkan potensi sektor pertanian di wilayahnya.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada daerah yang menunjukkan prestasi luar biasa di bidang pertanian terutama bidang peningkatan produksi padi dan nilai ekspor komoditas pertanian," kata Gubernur Jambi Al Haris.

Volume ekspor bidang pertanian Provinsi Jambi dari tahun 2020 ke tahun 2021 meningkat 30,80 persen. Pada tahun 2020 volume ekspor bidang pertanian di daerah itu sebesar 778.742 ton, meningkat di tahun 2021 menjadi 1.018.629 ton.

Begitu juga dengan nilai ekspor hasil pertanian di Jambi yang meningkat 57,98 persen dari tahun 2020 ke tahun 2021. Pada tahun 2020 nilai ekspor produk pertanian Jambi sebesar Rp2,68 triliun meningkat menjadi Rp4,23 triliun di tahun 2021.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kepala daerah yang telah bekerja keras meningkatkan pembangunan di sektor pertanian. Ma'ruf Amin berharap Abdi Bakti Tani tersebut menjadi semangat bagi para peraih penghargaan dan jajaran Pemerintah Daerah yang lain untuk berkomitmen menggerakkan roda pembangunan pertanian di daerah.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Abdi Bakti Tani bertujuan untuk mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan meningkatkan ekspor pertanian.

"Maksud dari penganugerahan ini adalah mengapresiasi kinerja, prestasi Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi kepentingan nasional bagi 273 juta penduduk Indonesia dalam rangka meningkatkan kebutuhan pangan dan juga melakukan ekspor produksi pertanian," kata Syahrul Yasin Limpo.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments