Selasa, 26 Oktober 2021

Pemkab Batanghari Minta Peningkatan Kapasitas Jalan Nasional

Jumat, 10 September 2021 | 11:37:11 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa/antara

JAMBI - Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, meminta adanya peningkatan kapasitas jalan nasional sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas konektivitas serta mendorong produksi komoditas unggulan.

"Kabupaten Batanghari tengah fokus meningkatkan produksi komoditas unggulan, hal ini membutuhkan peningkatan kapasitas jalan yang berada di jalan nasional," kata Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar pada kegiatan Musrenbang RPJMD Provinsi Jambi tahun 2021-2026, Kamis.

Bakhtiar menjelaskan, salah satu kendala peningkatan produksi komoditas unggulan adalah buruknya konektivitas jalan yang menghubungkan kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi dan luar Provinsi Jambi.

Saat ini konektivitas jalan nasional yang menghubungkan antara Kabupaten Batanghari dengan Provinsi Sumatera Barat yang melalui Kabupaten Tebo dan Bungo setiap harinya mengalami kemacetan.

Salah satu penyebabnya adalah lebar jalan yang sempit dan tingginya aktivitas lalu lintas, yakni di Jalan Lintas Jambi-Muara Tembesi, tepatnya di Kecamatan Muara Tembesi.

Tingginya aktivitas lalu lintas itu disebabkan jalan tersebut tidak hanya menghubungkan ke Kabupaten Bungo, Tebo dan Provinsi Sumatera Barat, tetapi juga merupakan jalan yang digunakan menuju Provinsi Sumatera Selatan yang melewati Kabupaten Sarolangun.

Bahkan jalur ini juga menghubungkan Kabupaten Batanghari dengan Kabupaten Merangin, Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Pembenahan infrastruktur tidak bisa dilakukan daerah karena? jalan tersebut merupakan jalur nasional yang menjadi wewenang dari Pemerintah Pusat.

"Lalu lintas yang sudah padat dengan angkutan barang dan produksi pertanian semakin diperparah dengan angkutan batu bara yang dalam satu hari mencapai 2000 lebih angkutan yang melintas," kata Bakhtiar.

Wakil Bupati Sarolangun Hilalatil Badri juga mengakui bahwa jalan lintas Jambi-Muara Tembesi tersebut sudah selayaknya dilakukan peningkatan kapasitas karena sudah tidak mampu menampung tingginya aktivitas lalu lintas.

"Jalan lintas Sumatera tersebut sudah selayaknya dilakukan peningkatan kapasitas berupa pelebaran karena aktivitas lalu lintas yang sudah sangat padat," kata Hilalatil Badri.

Salah satu peningkatan kapasitas jalan yang perlu dilakukan yakni ruas jalan Lintas Sumatera dari Muara Bulian menuju Muara Tembesi dengan panjang 17 kilometer.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments