Rabu, 20 Oktober 2021

Beredar Surat Pj Sekda Protes Bupati Merangin, Sebut Pelantikan Pejabat Langgar Aturan

Selasa, 14 September 2021 | 09:02:01 WIB


Salinan surat pengunduran diri dan pernyataan sikap Muktamar Hamdi.
Salinan surat pengunduran diri dan pernyataan sikap Muktamar Hamdi. / dokumentasi - Metrojambi.com


“Oleh karena itu, dengan ini menyatakan tidak bertanggung jawab terhadap semua konsekuensi hukum, keuangan dan administrasi terhadap pelantikan pejabat tersebut,” tegas Muktamar di akhir surat tersebut.

Surat ditujukan langsung kepada Bupati Merangin, dengan nomor istimewa dan bersifat penting. Informasi yang didapat, ada sebanyak 25 pejabat eselon III yang dilantik Mashuri selang tiga hari setelah dia dilantik sebagai Bupati Merangin oleh Gubernur Jambi Al Haris. 

Pada saat pelantikan dilakukan, Muktamar sedang mengikuti assesment jabatan tinggi pratama di lingkup Pemprov Jambi. Selain menjabat Plt Sekda Merangin saat itu, Muktamar adalah Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi.

Dalam pernyataan sikap tersebut, Muktamar mengutip Pasal 14 Ayat (1) PP No 100 Tahun 2000 tentang Pengangkatan PNS dalam Jabatan Struktural. “Untuk menjaga obyektivitas pemindahan, pengangkatan dan pemberhentian PNS dalam jabatan struktural eselon II ke bawah, dibentuk Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat),” tulis Muktamar.

Masih mengutip PP tersebut, dia menyebutkan bahwa dalam hal pemindahan, pengangkatan, dan pemberhentian pegawai eselon II ke bawah, Baperjakat bertugas memberikan pertimbangan kepada pejabat pembina kepegawaian.

Muktamar juga mengutip Keputusan Kepala BKN No 13 Tahun 2002 yang menyatakan bahwa pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pejabat eselon II ke bawah ditetapkan oleh Pembina Kepegawaian setelah mendapat pertimbangan Baperjakat.

“Saya menilai pelantikan tersebut tidak sesuai dengan apa yang disyaratkan oleh Keputusan Kepala BKN No 13 Tahun 2002,” tegasnya. Sebab, lanjutnya, pelantikan pejabat saat itu tidak melalui proses penilaian dan karena itu tidak dilengkapi dokumen penilaian Baperjakat.

Penulis: mrj/chy
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj



comments