Selasa, 19 Oktober 2021

Bupati Merangin Main Lantik, Diduga Menjadi Alasan Plt Sekda Mengundurkan Diri

Senin, 13 September 2021 | 07:29:57 WIB


Bupati Merangin, Mashuri
Bupati Merangin, Mashuri /

BANGKO - Pengunduran Muktamar Hamdi dari jabatan Plt Sekda Merangin meningkatkan eskalasi politik di daerah itu. Informasi beredar, Muktamar mengundurkan diri karena tidak dilibatkan dalam pembahasan para calon pejabat yang mendadak dilantik oleh Bupati Mashuri.

Mashuri dilantik sebagai Bupati Merangin pada Sabtu (28/8) setelah beberapa bulan menjabat Plt Bupati karena Bupati Merangin sebelumnya, Al Haris, terpilih menjadi Gubernur Jambi. Sekitar 10 hari setelah dilantik, Mashuri pun merombak jajaran “kabinet”-nya.

Baca juga : Dua Nama Diusulkan PPP untuk Calon Wakil Bupati Merangin

Pada Selasa (7/9), dia melantik pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemkab Merangin. Sejumlah nama tersingkir, nama baru bermunculan. Salah satunya yang cukup mencolok adalah dicopotnya Berman Saragih dari jabatan Direktur RSD Kolonel Abundjani.

Dia digantikan Sephelio, dokter yang sebelumnya menjabat Kepala Puskesmas Pematangkandis, Bangko. Berman dikenal sebagai pendukung setia Al Haris selama menjabat Bupati Merangin hingga menjadi Gubernur Jambi.

Bukan hanya nama-nama baru yang mencolok. Sehari setelah pelantikan, secara mengejutkan Muktamar mengajukan surat pengunduran diri sebagai Plt Sekda Merangin. Praduga pun berseliweran.

Baca juga  : Besuk Bupati Merangin Usai Kecelakaan, Kapolres Batanghari: Semoga Cepat Sehat

Santer kabar, Muktamar mundur karena ditinggal oleh Mashuri dalam menyiapkan calon pejabat. “Dia tidak dilibatkan dalam penentuan nama-nama pejabat yang akan dilantik Mashuri,” ujar sumber Metro Jambi di Merangin, pekan lalu.

Padahal, menurutnya, sebagai Plt Sekda yang merangkap Kepala Baperjakat, Muktamar punya wewenang menilai para calon pejabat. Dia juga memiliki kewenangan dalam pemberkasan. “Namun, justru dia baru tahu ada pelantikan pejabat pada hari pelantikan itu,” ujarnya.


Penulis: chy/mrj
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj



comments