Jumat, 29 Oktober 2021

Bupati Kerinci Serahkan Bantuan Parpol Tahun 2021

Kamis, 16 September 2021 | 22:15:29 WIB


/ ist

 KERINCI - Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kerinci Redi Asri, SH, MH telah menyerahkan secara langsung bantuan keuangan kepada Partai Politik (Parpol), atau yang lebih dikenal dengan Banpol tahun 2021.

Acara yang berlangsung di ruang utama Kantor Bupati Kerinci itu dihadiri oleh pimpinan parpol di Kerinci, diantaranya Ketua DPD Gerindra Edminudin, Ketua DPD II Golkar Boy Edwar, Ketua DPD PAN Muchsin, Ketua DPC PDIP Yanwen, Ketua DPD Perindo Angra, Ketua DPaC PKS Prmanuddin, serta Candra dari Demokrat.

Juga hadir dalam kegiatan tersebut Tim Verifikasi dari Inspektorat, BPKPD, KPU, Kabag Hukum dan Kesbangpol.

Dalam arahannya, Adirozal mengatakan acara penyerahan Banpol tahun anggaran 2021 dan pakta integritas dengan menghadirkan ketua dan pengurus parpol secara serentak untuk pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Kerinci.

Sesuai dengan SK Bupati No. 730/Kep/179/202 sebagai pelaksana teknis Permendagri No. 78 Tahun 2020, ditetapkan sembilan parpol sebagai penerima bantuan keuangan.

“Parpol penerima bantuan keuangan diminta untuk menggunakannya sesuai dengan regulasi yang ada yakni untuk pendidikan politik dan dapat juga digunaka  untuk penanggulangan Covid-19 seperti sosialisasi, vaksin, pengadaan APK sekaligus menjadi sarana meningkatkan sinergisitas sebagai mitra dalam mendukung pembangunan di Kerinci,” kata Adirozal.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Kerinci Redi Asri mengatakan, proses pemberian bantuan keuangan Parpol dapat terealisasi setelah dilakukan proses koordinasi dengan masing-masing Parpol untuk memenuhi kelengkapan administrasinya, kemudian dilakukan verifikasi.

“Jadi yang perlu diperhatikan parpol penerima bantuan keuangan adalah pertanggungjawaban SPJ karena akan di audit oleh BPK RI,” kata Redi.

Adapun partai politik yang menerima bantuan keuangan parpol (banpol) sebanyak sembilan partai politik antara lain Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PDIP, Perindo, PKS, Demokrat.

"Diharapkan juga masing-masing parpol penerima bantuan keuangan, bisa merealisasikannya sesuai dengan regulasi, sehingga akan mempermudah untuk tahapan realisasi anggaran tahun berikutnya," ujarnya.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments