Minggu, 17 Oktober 2021

Buat Surat Perjanjian di Notaris, Syamsul Alam Akhirnya Diusulkan PAW

Rabu, 07 Maret 2018 | 17:23:25 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Dok

KUALATUNGKAL- DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Tanjung Jabung Barat akhirnya mengusulkan PAW terhadap anggota DPRD PAN Samsul Alam.

PAW ini ini awalnya didasari adanya perjanjian di atas notaris untuk membagi sisa jabatan di DPRD Tanjabbar dengan Arsil.

Samsul Alam duduk di DPRD Tanjabbar setelah sebelumnya menggantikan H Suhatmeri yang maju  wakil bupati pada Pilkada Tanjabbar beberapa tahun silam.

Pihak PAN Tanjabbar, melalui ketuanya Safril Simamora mengatakan bahwa PAW Samsul Alam diusulkan setelah adanya surat keputusan Mahkamah Partai (MP) PAN nomor 028/MP-PAN/XII/2017 berdasarkan yang diajukan oleh DPW PAN Provinsi Jambi.

Adapun bunyi keputusan dari MP PAN kewenangan melakukan persetujuan PAW ada di tangan DPP dengan dilakukan oleh DPD PAN kabupaten/kota melalui DPW, dalam perkara ini , jika duduk perkara sudah jelas bahwa adanya akta perjanjian notaris mengenai pembagian masa jabatan anggota DPRD kabupaten/kota maka DPD Kabupaten dan DPW Provinsi dapat melakukan PAW sesuai dengan AD/ART dan peraturan perundangan yang berlaku.

Akte perjanjian yang telah disepakati dan mahkamah partai berwenang mengadili jika dalam hal ini telah mengakibatkan kerugian atas pelanggaran hak partai dan permohonan ini diajukan langsung oleh orang yang bersangkutan.

“Berdasarkan rapat pleno pengurus DPD PAN Tanjabbar kita rekomendasikan pemberhentian samsul alam sebagai anggota DPRD Tanjabbar sesuai dengan perintah mahkamah partai, “ sebutnya.

Menurut Ucok Mora, sapaan akrabnya--pihaknya sudah menjalankan aturan partai, yang bersangkutan sudah beberapa kali dipanggil namun tidak bersedia datang untuk dimediasikan.

“Keputusan pemberhentian itu ada di DPP bukan di DPD, DPD hanya merekomendasikan saja ke DPP tunggu saja hasilnya apa keputusan DPP,” tegasnya.

Jika persetujuan DPP PAN sudah turun maka akan langsung diajukan surat ke KPU untuk mengantikan Samsul Alam kepada Arsil untuk duduk di DPRD Tanjabbar.

 “Otomatis jika surat pemberhentian disetujui DPP maka seluruh keanggotaan Samsul Alam akan dicabut baik sebagai DPRD maupun anggota PAN, “ sebutnya


Penulis: Sholihin
Editor: Herri Novealdi



comments