Minggu, 17 Oktober 2021

Pemkot Jambi Siapkan Rp 3 Miliar untuk Padat Karya

Jumat, 11 September 2020 | 16:44:55 WIB


Walikota Jambi, Syarif Fasha
Walikota Jambi, Syarif Fasha / istimewa

JAMBI – Selain dilakukannya relaksasi perekonomian, sosial kemasyarakatan guna memulihkan perekonomian di Kota Jambi, Pemkot Jambi juga dalam waktu dekat akan melakukan program padat karya yang menyasar warga terdampak Covid-19 di tiap kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Jambi.

Tak tanggung, anggaran senilai Rp3 miliar digelontorkan untuk program ini yang bersumber dari dana percepatan penanganan Covid-19 Kota Jambi. Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius menyebutkan,program padat karya ini polanya dengan memberdayakan masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sasarannya adalah melakukan pembersihan aliran sungai yang berada di 23 lokasi aliran sungai yang telah ditentukan. Setidaknya akan ada 1.500 orang yang akan diberdayakan.

“Mereka nanti digaji selama 3 bulan, namun bergantian. Per orang tidak full selama 3 bulan, misal dia kerjakan 1 spot selama 1-3 minggu, nanti dihitung bayarannya berapa,” jelas Yunius.

Tak hanya itu, mereka yang telah direkrut tersebut juga akan diberikan peralatan seperti cangkul, parang, perlengkapan K3 serta makan dan minum. Perekrutan juga dilakukan oleh RT dan berkoordinasi dengan lurah setempat.

“Ini juga melibatkan TNI-Polri untuk bantuan pengawasan. Jadi namanya program Padat Karya Kali Bersih, sekarang tahap rekrutmen. Paling awal Agustus mulai. Ya minimal 1 orang itu membersihkan 3 kubik sampah atau pasir,” jelasnya.

Ini juga dilakukan agar tak terjadi penumpukan sampah di aliran sungai serta tidak terbentuk sedimentasi yang tentunya menghambat aliran air sungai. “Juga untuk menumbuhkan rasa cinta peduli terhadap lingkungan. Terutama
menjaga kebersihan air sungai,” pungkasnya. Kata Yunius, rencana awal memang mulai diberlakukan pada Agustus lalu, tapi karena beberapa hal harus ditunda
pelaksanaannya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments