Selasa, 19 Oktober 2021

SMA Negeri 1 Muaro Jambi Terima Best School 2020 dari IHRDP

Senin, 30 November 2020 | 11:33:44 WIB


SMAN 1 Muaro Jambi menerima penghargaan Best School 2020 dari International Human Resources Development Program (IHRDP) di Ballroom Lumire Hotel Jakarta, Sabtu (28/11/2020).
SMAN 1 Muaro Jambi menerima penghargaan Best School 2020 dari International Human Resources Development Program (IHRDP) di Ballroom Lumire Hotel Jakarta, Sabtu (28/11/2020). / istimewa

JAMBI - Di penghujung tahun 2020 ini, SMAN 1 Muaro Jambi menerima penghargaan Best School 2020 dari International Human Resources Development Program (IHRDP) di Ballroom Lumire Hotel Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Penilaian dilakukan oleh Tim IHRDP (Panitia) dibantu oleh tim pengamat, baik secara langsung maupun melalui media massa (cetak dan elektronik). Di samping penghargaan kepada sekolah berprestasi, IHRDP di dalam kegiatan Education Award 2020 juga memberikan penghargaan kepada Leader Education (kepala sekolah /individu pendidik) yang dinilai berprestasi.

Kepala SMA Negeri 1 Muaro Jambi, Heryadi, S.Pd menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima adalah penghargaan bagi sekolah yang dinilai baik dalam penyelenggaraan sumber daya manusia.

"Alhamdulillah, sekolah kita diberi penghargaan sebagai Best School 2020. Penghargaan ini tentu untuk seluruh warga sekolah, baik yang terlibat secara langsung maupun sebagai pendorong ketercapaian penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi," kata Heryadi.

"Baik majelis guru maupn tenaga kependidik, siswa dengan banyak aktivitasnya secara kurikuler dan ekstrakurikuler, stakeholder, komite sekolah, wali murid dan masyarakat sekitar, dan tentunya Dinas Pendidikan Provinsi Jambi selaku SKPD yang semenjak tahun 2017 sudah menaungi SMA Negeri 1 Muaro Jambi baik melalui Binaan pengawas maupun secara layanan lainnya untuk kemajuan SMAN 1 Muaro Jambi," bebernya.

Heryadi juga menyampaikan terima kasih kepada Drs. Helmi selaku yang telah memimpin SMAN 1 Muaro Jambi sebelum dirinya.

"Terkhusus kepada Almarhum Bapak Drs. Helmi yang sudah memimpin sekolah mengabdikan diri hampir 11 tahun di SMA Negeri 1 Muaro Jambi semoga menjadi amal yang tidak putus putusnya untuk beliau," paparnya.

Selain itu ia juga menjelaskan, IHRDP Foundation adalah lembaga pemberi penghargaan, pemantau penelitian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), lembaga non politik, non profit (nirlaba) yang ada di Indonesia sesuai Keputusan Menteri Hukum danHam RI nomor AHU 2008.AH.01.04 Tahun 2010. IHRDP telah mendapatkan pengesahan sebagai lembaga pemberi penghargaan, baik internasional maupun nasional.

Sementara, untuk kriteria penilaian kategori sekolah berprestasi yang pertama adalah berprestasi yang berdampak nasional. Kedua, mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas SDM khususnya dalam bidang pendidikan.

Ketiga, mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia, serta memperkuat jati diri dan kepribadiannya untuk segenap dimensi, kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Keempat, mampu meningkatkan kualitas masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan, agar memiliki semangat kerja, budi pekerti, penuh keimanan dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kelima, mampu menumbuhkan kemampuan sekolah untuk peduli pada lingkungan, serta memahami dan mengamalkan nilai-nilai budaya yang luhur dan beradab. Keenam, memiliki Visi dan Misi khususnya dalam mengembangkan SDM yang maju dan mandiri di bidang pendidikan.

Ke depan tentu dengan diterimanya penghargaan ini menjadi motivasi tersendiri Bagi SMA Negeri 1 Muaro Jambi untuk kembali bekerja lebih baik, bekerja melayani anak didik dan masyarakat sebagai objek layanan, lebih terjangkau kepada masyarakat yang masih belum memperolehnya dan tentu lebih berkualitas atas mutu layanannya.

"Sesuai visi sekolah 'Terwujudnya peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berbudaya, berwawasan lingkungan, unggul dalam prestasi, serta kompetitif dalam dunia global' bisa terwujud," ungkapnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments