Minggu, 17 Oktober 2021

Kenali Jenis Ikan

Tips Bagi Pemula yang Ingin Memelihara Ikan Hias

Kamis, 11 Februari 2021 | 10:50:42 WIB


Ikan cupang
Ikan cupang / istimewa

JAMBI – Sejak beberapa waktu terakhir, ikan hias khususnya jenis ikan Cupang kian digemari masyarakat di Jambi. Namun, bagaimana mendapatkan ikan yang bagus?

Metro Jambi bekerja sama dengan Jambi Town Square (Jamtos) sejak awal Februari lalu, menggelar pameran dan kontes flora fauna di Extension lantai dasar. Event ini sendiri mendapat sambutan yang baik dari kalangan penjual tanaman hias dan ikan hias. Ini dibuktikan dengan banyaknya peserta pameran.

Edo, salah satu pengusaha ikan hias yang ikut pameran dan kontes flora fauna mengatakan, berawal dari hobi dan kebiasaan sejak kecil, membuat dirinya menjual ikan hias yang banyak digandrungi masyarakat.

"Ikan hias ini awalnya karena hobi sejak saya masih SD. Kalau jaman dulu itu jenisnya kan ikan laga. Saya main ikan laga itu sampai kuliah sekitar tahun 2007. Kalau sekarang bukan hobi lagi, tapi lebih kepada kebutuhan," ujarnya.

Dikatakan Edo, ia dulu belum banyak mengetahui jenis ikan hias, hingga akhirnya temannya menyarankan untuk lebih banyak mengetahui jenis-jenis ikan.

Menurutnya, ikan laga ini kini lebih dikenal dengan ikan cupang. Ikan cupang sendiri terbagi menjadi tiga jenis. "Cupang plakat, HM sama Ciki. Di tiga jenis ini saja banyak lagi seri ikan lainnya," kata Edo.

Namun untuk kisaran harga tertinggi diantara tiga jenis cupang tersebut masih di HM. "Tapi beda seri atau beda wilayah, beda seller juga. Ada juga ikan jenis plakat tembus hingga 150 juta perekor," bebernya.

Dari usaha yang diawali dengan hobi tersebut, Edo kini bisa mendapatkan omset kisaran Rp 500.000 hingga Rp 700.000 perhari.

Edo juga memberikan tips untuk pemula yang ingin membudidaya ikan hias atau memelihara ikan hias. Caranya adalah kenali dulu dasarnya. "Kenali jenis ikannya, sabar juga dibutuhkan. Kemudian harus tahu wilayah kita, airnya juga berpengaruh kuat untuk ikan cupang. Ada ikan yang cocok dengan air ledeng ada juga yang gak cocok," ungkapnya.

"Kebanyakan sekarang cuma produksi langsung jual, kalau kita dari dulu harus kenali jenisnya satu persatu," terangnya. Menurutnya, bagi orang yang ingin memelihara ikan cupang dan membudidayakannya, lebih baik belajar sendiri atau otodidak.
"Karena menurut saya memelihara ikan cupang ini juga sama seperti hobi lainnya, karena bisa dibilang beda tangan, beda perawatan, beda hasil," katanya. 


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments