Jumat, 29 Oktober 2021

Kuala Inspirasi, Platform Informasi Pendidikan Bagi Warga Tanjabbar

Jumat, 24 September 2021 | 10:59:27 WIB


/ istimewa

JAMBI - Sejumlah pemuda kreatif di Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) menginisiasi "Kuala Inspirasi", yakni sebuah platform edukasi yang diinisiasi dan fokus menyediakan konten terkait pendidikan bagi warga di daerah itu.

“Kuala Inspirasi adalah platform sosial media, yang mana sosial media yang digunakan dalam hal ini adalah Instagram dan Facebook yang diinisiasi oleh anggota masyarakat Kualatungkal, untuk masyarakat Kualatungkal juga. Fokusnya menyediakan konten pendidikan," kata seorang anggota Divisi Content Kuala Inspirasi, Nadya Salsabila (21).

Hadirnya Kuala Inspirasi bermula dari kegelisahan akan sedikitnya informasi mengenai perguruan tinggi di Kualatungkal itu sendiri dan tidak terlepas dari kondisi pandemi yang membatasi gerak untuk berbagi informasi  secara langsung.

"Dalam situasi pandemi saat ini semuanya serba online, jadi saya dan teman-teman berinisiatif untuk membuat platform bagi adik-adik SMA yang ingin melanjutkan pendidikan. Kalau dulu kan banyak teman-teman dari berbagai universitas yang datang ke sekolah untuk menjelaskan mengenai kampusnya masing-masing, sekarang serba online jadi gak bisa,” kata Nadya.

Nadya menyebutkan bahwa ide tersebut mucul dari temannya, Muhammad Rizky yang saat itu sedang menjadi Mahasiswa Politeknik Statistika STIS.

Platform Kuala Inspirasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) terkait perguruan tinggi, baik kedinasan, negeri maupun swasta.

Nadya pun berharap hadirnya Kuala Inspirasi ini bisa memberikan manfaat sekaligus wadah bagi masyarakat Kualatungkal untuk mendapatkan infomasi terkait perkuliahan.

Sudah banyak program yang telah dijalankan oleh Kuala Inspirasi hingga saat ini, baik program kerja sama ataupun program dari Kuala Inspirasi itu sendiri.

Program yang sudah digulirkan pertama kali itu komunitas itu memberikan informasi-informasi misal tingkat keketatan prodi atau passing grade dari masing-masing universitas.

Selain infografis tentang universitas, mereka menggelar program Bincang Asik (Bisik), yang saat ini sudah sampai Bisik episode 22.

"Kemudian ada sharing inspirasi, untuk mengajak teman-teman kelas 3 SMA turut bergabung di dalamnya,” kata Nadya.

Ia juga memaparkan bahwa platform Kuala Inspirasi ini tidak membatasi ruang lingkup dari pendidikan itu sendiri. Tidak hanya membahas mengenai perkuliahan, tetapi juga mengenai beasiswa, kesiapan kerja setelah lulus dari perguruan tinggi.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments