Kamis, 28 Oktober 2021

PWI Jambi Bersama SKK Migas-KKKS Gelar UKW Angkatan VIII dan IX

Jumat, 24 September 2021 | 14:20:53 WIB


PWI Jambi bersama SKK Migas-KKKS gelar UKW angkatan VIII dan IX
PWI Jambi bersama SKK Migas-KKKS gelar UKW angkatan VIII dan IX / istimewa

JAMBI - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi bekerja sama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) mengfelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan VIII dan IX tahun 2021.

Dengan penerapan protokol kesehatan, UKW dilaksanakan di Hotel BW Luxury Kota Jambi, 24 dan 25 September 2021, dengan mengangkat tema "Wujudkan wartawan berkualitas berkompeten di masa pandemi Covid-19".

Calon peserta saat mendaftar wajib melampirkan bukti telah mengikuti vaksinasi Covid-19 minimal tahap pertama. Dari proses seleksi terdapat 12 calon peserta yang tidak bisa mengikuti dan terpilih sebanyak 48 wartawan untuk kompetensi muda, madya dan utama.

"Dari 60 ada 12 calon peserta tidak lolos verifikasi administrasi dan seleksi persyaratan, sehingga tidak bisa mengikuti. Hari ini ada 48 peserta bagi tiga tingkatan," kata Paisal Kumar selaku ketua pelaksana, Jumat (24/9).

"UKW harusnya pada Agustus yang lalu tetapi karena adanya pengetatan PPKM di Kota Jambi imbas dari semakin meningkatnya kasus Covid-19, maka terpaksa kita geser hingga hari ini dengan tetap protokol kesehatan," ujarnya menambahkan.

Paisal juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas dukungan hingga terselenggaranya UKW angkatan VIII dan IX "Saya atas nama panitia mengucapkan terima kasih untuk SKK Migas-KKKS, para penguji dan semua pihak sehingga terselenggaranya UKW, kami juga mohon maaf segala kekurangan dalam penyelenggaraan," pungkasnya.

Panitia tidak hanya mewajibkan adanya bukti vaksin, seluruh peserta di lokasi kegiatan UKW juga menjalani swab antigen sebelum memasuki ruang ujian.

Senada dengan ketua pelaksana, Ketua PWI Provinsi Jambi Ridwan Agus Depati berharap seluruh peserta dapat mengikuti UKW dengan baik serta dinyatakan berkompeten oleh penguji nantinya.

"Terima kasih untuk semua pihak, saya berpesan pada peserta untuk dapat mengikuti UKW dengan sebaik-baiknya dan semoga semua dinyatakan berkompeten," ujarnya.

Sementara itu, Andi Arie Pangeran, Kepala Humas SKK Migas Sumbagsel menceritakan pelaksanaan UKW ini membutuhkan banyak perjuangan karena masih berhadapan dengan pandemi covid-19.

"Pelaksanan UKW kali ini membutuhkan perjuangan yang berat, kondisi kita masih dalam pandemi. Namun pentingnya UKW maka SKK Migas dan KKKS yang beroperasional di Sumbagsel memberikan dukungan kepada PWI Provinsi Jambi," tuturnya.

Pada prosesi pembukaan UKW ditandai dengan pemukulan gong oleh Agus Sunaryo, Asisten II Setda Provinsi Jambi dan undangan yang hadir.

"Saya mewakili Gubernur, mohon maaf bapak tidak bisa hadir karena jadwal dibeberapa tempat. Di era digital saat ini, persaingan akan semakin ketat dan terbuka luas. Maka, kompetensi sangat penting untuk menegakkan profesionalitas," Ungkap Agus, dalam kata sambutannya.

Selain itu, uji kompetensi ini juga berlaku bagi profesi apapun di Indonesia ini "UKW ini sangat penting bagi wartawan di Jambi. Kami mengapresiasi PWI yang sudah mengadakan kegiatan ini,” Imbuh Agus.

Selain Asisten II Setda Provinsi Jambi, turut hadir Staf Humas SKK Migas Sumbagsel, perwakilan KKKS salah satunya Comdev PetroChina International Jabung Ltd, Kabid Humas polda Jambi beserta Staf, Kapenrem 042 Garuda Putih, Pengurus PWI Provinsi Jambi, Ketua IKWI Provinsi Jambi, Ketua PWI Kota Jambi, Ketua PWI Batanghari, Ketua PWI Tanjungjabung Timur, Ketua PWI Tanjungjabung Barat dan undangan lainnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments