Rabu, 20 Oktober 2021

Warga Laporkan Limbah JPM

Senin, 27 September 2021 | 07:47:42 WIB


Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan sidak ke IPAL JPM-Trona
Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan sidak ke IPAL JPM-Trona / Metrojambi.com

 JAMBI - Warga sekitar Jambi Prima Mal-Trona di Jalan Jenderal Sudirman mengeluhkan limbah yang diduga berasal dari mal besar grup Trona itu. DPRD langsung merespon laporan warga dengan mengecek langsung ke lokasi.

Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi Umar Faruq mengaku sudah memanggil penanggung jawab instalasi pengolahan air limbah (IPAL) JPM-Trona. Dia menjelaskan, limbah-limbah buangan, antara lain dari restoran di JPM-Trona diolah melalui empat IPAL.

“Hasil akhirnya memang disalurkan ke drainase yang saat ini sedang dibangun,” ujar Umar.

Pertanyaannya, kata dia, apakah memang boleh hasil olahan IPAL itu langsung ke saluran drainase. DPRD juga akan mengetahui standar nilai limbah yang boleh dibuang ke drainase.

Karena itu, lanjut Umar, pihaknya juga akan memanggil Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi. “Menurut pihak mal, dinas terkait setiap tanggal 8 selalu melakukan uji laboratorium IPAL di sana. Kita akan pertanyakan ke dinas,” tegasnya.

Komisi III mendapat laporan bahwa setiap turun hujan pihak mal membuang limbah langsung ke drainase kota.  Atas laporan itu, Komisi III melakukan pengecekan pada Jumat (24/9) lalu. Dari pengecekan, sekilas tampak air limbah cukup jernih.

Anggota Komisi III Yasir mengatakan, pihaknya sudah mengecek ke sumber limbah dan IPAL yang dimiliki JPM-Trona. “Semua berproses teratur, mulai dari penyaringan dan pembuangan akhir,” ujar Yasir usai melakukan inspeksi.

Supervisor JPM-Trona Andi mengaku berterima kasih atas kunjungan Komisi III DPRD Kota Jambi untuk langsung mengecek IPAL begitu mendapat pengaduan masyarakat.

“Kita senang karena adanya keluhan, dan DPRD sudah melihat langsung tanpa ada yang ditutupi,” ungkapnya.

Ditanya tentang dugaan limbah dibuang langsung ke drainase, dia mengaku tidak mengetahuinya. Menurut dia, sepanjang Jalan Sudirman juga ada tempat usaha lain yang membuang air limbah ke saluran drainase tersebut.

“Yang jelas, berkat pengawasan yang melekat dari DLH Kota Jambi dan DPRD kita berusaha menjaga ini semua karena ini demi kebaikan Kota Jambi,” tandasnya.


Penulis: nta
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments