Selasa, 26 Oktober 2021

Tinjau Pemungutan Suara, Fachrori Harap Pilkada Lancar Dan Tidak Timbulkan Penularan Covid-19

Rabu, 09 Desember 2020 | 09:36:01 WIB


Gubernur saat melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020, Rabu (9/12/2020).
Gubernur saat melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020, Rabu (9/12/2020). / istimewa/Humas Provinsi Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengharapkan agar Pemilihan Kepala Daearah (Pilkada) di Provinsi Jambi, baik pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan bupati dan wakil bupati, dan pemilihan wali kota dan wakil wali kota di Provinsi berlangsung lancar, aman, damai, dan tidak menimbulkan penularan Covid-19. Harapan tersebut dikemukakan gubernur saat pemantauan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020, Rabu (9/12/2020).

Sebelum memantau pemungutan suara, Fachrori bersama istri Hj.Rahima Fachrori menggunakan hak pilih di TPS 08 RT 10,14, dan 15 Kelurahan Telanaipura, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Usai menunaikan hak pilih, bersama Unsur Forkopimda Privinsi Jambi dan OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, gubernur memantau pemungutan suara di: 1)Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi, yakni di gedung SD Negeri 48/IV Kota Jambi (Seberang Kota Jambi), dengan mata pilih 131 orang, 2)TPS 02 RT 85 Desa Simpang Sungai Duren, Kecamatan Luar Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dengan mata pilih 393 orang. Di TPS ini, Bupati Muaro Jambi Hj.Masnah Busro mendampingi gubernur Jambi dan rombongan, 3)TPS 03 Desa Selat, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, dengan mata pilih 298 orang. Di TPS ini, Bupati Batanghari Syahirsah mendampingi Gubernur Jambi dan rombongan.

Dalam pantauan tersebut, gubernur menanyakan kegiatan pemungutan suara kepada para petugas, dan menyapa masyarakat yang antri untuk menggunakan hal pilihnya. Di seluruh TPS itu, proses pemungutan suara berlangsung dengan baik.

Selain itu, Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 juga diterapkan, yaitu disediakannya fasilitas cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang dialirkan, hand sanitizer, masker, sarung tangan plastik, dan tempat duduk bagu yang antri menerapkan social distancing.

Setelah selesai pemantauan, gubernur menyampaikan 4 (empat) hal. Yaitu: Pertama, selaku warga negara, dia telah menggunakan hak pilih, hak konstitusional, sesuai dengan ketentuan. Kedua, Selaku Gubernur Jambi, bersama unsur Forkopimda Provinsi Jambi, telah melakukan pemantauan pemungutan suara di beberapa TPS.

" Secara umum, pemungutan suara berlangsung lancar. Saya berharap pemungutan suara di Provinsi Jambi berlangsung lancar, aman, damai, dan terhindar dari penularan Covid-19," ujar Fachrori.

Ketiga, Fachrori juga berharap agar persentase masyarakat yang menggunakan hak pilih meningkat, dan keempat, mengimbau semua komponen masyarakat di Provinsi Jambi untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kekondusifan.

" Siapapun nanti yang terpilih, kita harus kerja sama membangun Jambi, kita harus sama-sama menjaga keamanan Jambi, dan kita harus membangun Jambi dengan kedamaian," pungkas Fachrori.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments