Senin, 6 Desember 2021

3.000 UMKM Diusulkan Dapat Bantuan Produktif

Rabu, 29 September 2021 | 10:56:51 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci mengusulkan 3000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke pemerintah pusat untuk memperoleh bantuan produktif.

Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci, Dartaskan menyebutkan, pihaknya tidak dapat memastikan apakah seluruh UMKM yang diusulkan tersebut akan memperoleh bantuan produktif atau tidak.

"Kami hanya sebatas mengusulkan saja ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Kabupaten Kerinci. Seluruh keputusan ditetapkan pusat," katanya.

Namun, bantuan yang nantinya disalurkan kementerian ke masing-masing rekening pelaku UMKM di 2021 ini, besarannya berbeda dengan tahun 2020, yakni sebesar Rp 2.400.000. Bantuan yang disalurkan di tahun 2021 sebesar Rp 1.200.000.

Ia memastikan pelaku UMKM di Kerinci tidak memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan konsumsi pribadi, melainkan untuk menguatkan modal usaha.

Pemberian bantuan produktif, lanjut dia, juga memberikan dampak cukup baik terhadap pendataan pelaku usaha di Kerinci. Sebab pelaku usaha kemudian akan memiliki kesadaran untuk mengurus izin usaha mikro (IUM).

" Kepemilikan IUM menjadi salah satu syarat untuk mengajukan permohonan bantuan produktif. Selama masa pandemi Covid-19, pelaku usaha di Kerinci melakukan berbagai upaya untuk tetap bertahan diantaranya melakukan diversifikasi produk," katanya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments