Selasa, 17 Mei 2022

Tangani Abrasi, Pemkab Sarolangun Minta Bantuan Provinsi

Rabu, 06 Oktober 2021 | 07:27:39 WIB


Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri meninjau lokasi abrasi di Desa Baru, Kecamatan Sarolangun
Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri meninjau lokasi abrasi di Desa Baru, Kecamatan Sarolangun / Metrojambi.com

 SAROLANGUN – Abrasi yang terjadi di pinggiran sungai di Desa Baru, Kecamatan Sarolangun, Provinsi Jambi menyababkan sebagian badan jalan di tepi sungai rusak dan mengakibatkan longsor.

Wakil Bupati (Wabub) Sarolangun Hilallatil Badri menyebutkan, pihaknya akan berupaya mengusulkan bantuan penanganan melalui anggaran Provinsi Jambi.

"Sebagian badan jalan sudah longsor ke sungai. Kalau tidak cepat diatasi tentu akan membahayakan rumah masyarakat yang ada di sekitar aliran sungai," ujarnya saat berkunjung ke lokasi, Selasa (5/10).

Pantauan di lapangan, terdapat bagian badan jalan yang longsor akibat abrasi.

Wabup berharap ada perhatian khusus dari Provinsi Jambi untuk penanganan bencana abrasi itu. "Kalau bisa di APBD 2022 nanti harus dibangun. Kalau tidak cepat, jika terjadi banjir sekali dua kali lagi, saya yakin jalan ini sudah tidak ada lagi, tinggal cerita saja," katanya.

Dikatakannya, di area abrasi itu, terdapat kerusakan sepanjang 700 meter dan membutuhkan penanganan segera. Selain itu, di area itu terdapat pula bangunan sekolah yang perlu diselamatkan.

"Kalau ini tidak cepat diselamatkan, tentu kemungkinan sekolah itu juga akan ambruk ke sungai," katanya.

Menurutnya, jika digunakan anggaran tanggap darurat yang ada untuk mengatasi persoalan abrasi, masih tidak mampu. Makanya diperlukan bantuan provinsi dan juga tupoksi yang dimiliki.

"Karena dari sisi kewenangan, inikan jalur sungai Batang Tembesi yang jadi kewenangannya provinsi," ungkapnya.

"Kita berharap provinsi segera mengatasi ini. Nanti kita juga akan bersurat, kalau perlu kita ajak tim provinsi turun ke Sarolangun melihat langsung," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments