Minggu, 24 Oktober 2021

Ribuan Hewan Penular Rabies Sudah Divaksin

Rabu, 06 Oktober 2021 | 11:39:48 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok/metrojambi.com

SUNGAI PENUH – Sebanyak 3.600 hewan penular rabies di Kota Sungapenuh, yaitu anjing, kucing dan kera, sejak Januari hingga September 2021 sudah di suntik vaksin.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungaipenuh, Adril mengatakan, pihaknya optimis bisa mencapai target vaksinasi terhadap hewan penular rabies pada tahun ini, karena masih ada beberapa bulan lagi.

“Kita optimis target vaksinasi tercapai. Vaksinasi hewan penular rabies saat ini lebih dominan warga yang datang langsung ke Puskeswan di Renah Jambu Alo, Desa Talang Lindung. Terutama untuk hewan anjing dan kucing, dibandingkan ketika kita melakukan vaksinasi secara massal,” kata Adril, Rabu (6/10).

Adril menyebutkan, selain vaksinasi di Puskeswan, pihaknya juga melakukan jemput bola, yaitu dari rumah ke rumah. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan pada masa pandemi saat ini.

Namun untuk hewan kera atau monyet, pihaknya langsung mendatangi pemilik untuk melakukan vaksin.

“Vaksinasi terhadap hewan, seperti anjing kita bekerjasama dengan komunitas PORBI. Ini mempermudah tim kita melakukan vaksinasi hewan tersebut,” tambahnya.

Mengenai kasus gigitan hewan rabies di Kota Sungaipenuh pada tahun ini, Adril mengaku belum menemukan, akan tetapi kasus gigitan biasa sudah ada.

Dikatakannya vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah penularan rabies, baik itu kepada manusia maupun sesama hewan.

“Kita imbau kepada seluruh pemilik hewan penular rabies agar piaraannya bersedia di vaksin untuk mencegah penularan. Kepada warga apabila terkena gigitan hewan penular rabies, segera melapor ke Puskesmas terdekat dan ke Bidang Keswan Disnakkan Kota Sungaipenuh,” katanya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments