Selasa, 17 Mei 2022

Kelabui Polisi, Warga Tempino Angkut Minyak Ilegal dengan Mobil Air Bersih

Selasa, 05 Oktober 2021 | 08:01:40 WIB


/ Metrojambi.com

 JAMBI - Polres Muarojambi menangkap pengangkut minyak ilegal hasil penambangan liar di Desa Penyengat Olak, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi. Modus pelaku yakni mengangkut minyak ilegal dengan menggunakan mobil bertuliskan "air bersih".

"Kasus ini unik, karena pelaku memakai mobil tangki bertuliskan 'air bersih' yang isi sebenarnya adalah minyak ilegal hasil illegal drilling. Hal itu dilakukannya guna mengelabui petugas di jalan agar bebas dari razia kepolisian," kata Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja, Selasa (5/10).

Disebutkan Yuyan, pelaku yang diamankan bernama Fredyanto (38), warga Kelurahan Tempino, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, yang merupakan sopir mobil minyak ilegal yang disulap menjadi mobil pengangkut air.

"Modus ini tergolong baru dilakukan agar polisi tidak curiga atas kendaraan yang melintas di wilayah hukum Polres Muarojambi," kata Yuyan.

Hasil pemeriksaan terhadap pelaku, diketahui jika minyak ilegal tersebut berjumlah 4 ton, diangkut dari Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari dan akan dikirimkan ke Provinsi Ria.

Pelaku sudah melakukan aktivitas illegal drilling ini kurang lebih hampir dua tahun. Pelaku satu kali pengangkutan membawa minyak ilegal tersebut diupah senilai Rp 1,8 juta.

Atas perbuatannya Fredyanto dikenakan pasal 52 Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dan atau pasal 480 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara maksimal enam tahun.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments