Selasa, 26 Oktober 2021

Pertanyakan Proses Hukum Kades, Warga Lidung Geruduk Kejari Sarolangun

Kamis, 07 Oktober 2021 | 10:42:01 WIB


Warga Lidung geruduk kantor Kejari Sarolangun
Warga Lidung geruduk kantor Kejari Sarolangun / Mario Dwi Kurnia/Metrojambi.com

SAROLANGUN - Puluhan warga Desa Lidung, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Satolangun, Jambi menggeruduk kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, Kamis (7/10).

Kedatangan puluhan warga tersebut guna mempertanyakan proses hukum yang menjerat Kepala Desa Lidung, Herman. Ini dikarenakan Herman yang dipilih langsung oleh warga dan sudah dilantik, namun tidak bisa melaksanakan tugasnya.

"Kepala desa kami sudah dilantik tapi tidak bisa bekerja karena tiba-tiba ditetapkan jadi tersangka," kata salah seorang warga.

Warga meminta kepada pihak kejaksaan untuk menghentikan kasus tersebut dan bersedia mengganti kerugian negara. "Kami mohon kepala desa kami dibebaskan dari kasus itu, karena kepala desa kami itu tidak bersalah," ujarnya.

Menurut mereka, jika kepala desa tersebut bersalah pasti tidak akan dipilih lagi oleh masyarakat. "Kalau kades kami itu bersalah tidak akan dipilih oleh masyarakat pak," ungkapnya.

Selain itu, warga juga meragukan terkait temuan dari dasar mencuatnya kasus yang menjerat mantan kepala desa. "Katanya ada temuan ditetapkan tersangka namun hingga sekarang kesalahannya apa kami tidak tahu," kata warga.

Pantauan di Kejaksaan Negeri Sarolangun, hingga saat ini warga masih melakukan orasi. Sedangkan pihak Kejaksaan bersama Kepolisian dan perwakilan pemerintah setempat meminta waktu untuk pembahasan internal.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments