Minggu, 28 November 2021

Polres Merangin Gelar Vaksinasi Covid-19 di Desa Terpencil

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:58:40 WIB


/ Metrojambi.com/ist

 JAMBI - Polres Merangin menggelar vaksinasi Covid-19 massal di daerah terpencil, yakni di Desa Air Liki, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin, Jambi.

"Untuk melaksanakan vaksinasi massal di sana petugas kesehatan dan polisi harus membawa vaksin dengan menggunakan perahu mesin dan sepeda motor dengan lama perjalanan sekitar tujuh setengah jam lebih sampai tujuan," kata Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (12/10).

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di pinggir sungai di Balai Adat Desa Air Liki yang menggabungkan dua desa, yakni Air Liki lama dan Air Liki Baru.

Pihak kepolisian bersama tenaga kesehatan (nakes) Desa Batang Kibul membawa vaksin Covid-19 untuk warga Desa Air Liki harus menempuh jarak 200 kilometer dengan berbagai medan jalan yang terjal dan ekstrem.

Perjalanan awal menggunakan mobil ditempuh selama 4,5 jam dengan jalan rusak parah. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu atau ketek melawan arus sungai selama 2 jam dan setelah sampai di pelabuhan Desa Airliki, masih melanjutkan perjalanan menggunakan ojek motor modifikasi selama 1 jam hingga sampai ke tujuan daerah pemukiman Desa Air Liki.

Selama perjalanan dari pelabuhan ke Desa Air Liki, pihak Kepolisian dan nakes melewati jalan sempit yang ekstrem hanya bisa dilewati satu motor. Keadaan jalan curam dan parah, melewati banyak perbukitan dimana sisi kanan jalan terdapat tebing tinggi dan sisi kiri terdapat jurang sedalam 100 meter.

Sesekali, mereka harus turun dari kendaraan karena keadaan jalan dan jembatan gantung yang rusak sulit untuk dilewati.

Perjalanan ini dapat ditempuh dengan normal ketika cuaca dalam keadaan baik, apabila cuaca buruk butuh waktu lebih lama lagi atau bahkan tidak bisa sama sekali menuju desa terpencil tersebut.

Irwan Andy mengatakan pihaknya mengadakan vaksinasi massal di Desa Air Liki bertujuan untuk meningkatkan 'herd immunity' agar merata di seluruh Kabupaten Merangin.

"Polres Merangin membuka gerai vaksinasi di Balai Adat Desa Air Liki untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi Covid-19 karena jarak mereka sangat jauh untuk ke Puskesmas mendapatkan langsung suntik vaksin," kata Irwan Andy.

Kapolres menuturkan pendistribusian vaksin Covid-19 memiliki banyak tantangan karena harus melewati jalan yang terjal dan rusak hingga sampai ke tujuan. Bahkan, tidak hanya menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua saja akan tetapi juga melewati sungai.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat sangat tinggi untuk divaksin karena untuk kepentingan kesehatan mereka sendiri dan masyarakat bahkan menantikan vaksinasi bisa masuk ke desanya karena kalo ke Puskesmas jarak tempuhnya sangat berat," kata Irwan Andy.

Ia menambahkan jumlah masyarakat yang tervaksin sebanyak 125 orang yakni 90 orang dosis pertama dan 35 orang dosis kedua.

Sementara itu, Kepala Desa Air Liki lama Pulpi Marlinton mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak kepolisian khususnya Polres Merangin yang telah mengadakan vaksinasi massal Covid-19 di desanya dan kalau tidak ada pak polisi yang mengadakan vaksin di Desa ini mungkin warga kami tidak ada yang mendapatkan vaksin.

Ia mengatakan kegiatan vaksinasi ini sangat penting, maka dari itu masyarakat Desa Air Liki lama dan Baru sangat antusias untuk mendapatkan suntik vaksin Covid-19 dan berharap dosis vaksin bisa terus sampai ke Desa Air Liki agar warga mudah untuk mendapatkannya.


Penulis: ant/fdy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments