Minggu, 28 November 2021

Jambi Prioritaskan Peningkatan Kapasitas 12 Ruas Jalan Pada 2022

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:31:26 WIB


M Fauzi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Jambi
M Fauzi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Jambi / istimewa

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi memprioritaskan pembangunan atau peningkatan kapasitas 12 ruas jalan yang saat ini dalam kondisi rusak berat pada 2022.

"Di anggaran dana tahun 2022 ada 12 ruas jalan yang menjadi prioritas peningkatan kapasitas dan ruas jalan yang tetap dilakukan pemeliharaan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Jambi M Fauzi, Senin.

M Fauzi menjelaskan saat ini jalan Provinsi Jambi yang dalam kondisi baik sekitar 76 persen, selebihnya dalam kondisi rusak ringan, berat dan kritis. Dari 1.032 kilometer jalan Provinsi Jambi, yang dalam kondisi rusak berat dan kritis sekitar 300 kilometer.

Sebanyak 12 ruas Jalan Provinsi Jambi yang menjadi prioritas peningkatan kapasitas tersebut diantaranya terletak di Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tanjungjabung Timur. Diantaranya ruas jalan Sabak-Rantau Rasau, Kabupaten Tanjab Timur sepanjang 56 kilometer.

Kemudian ruas jalan Simpang Pelawan-Batang Asai, Kabupaten Sarolangun sepanjang 113 kilometer dan ruas jalan Rawa Pudak-Suak Kandis, Kabupaten Muaro Jambi sepanjang 47 kilometer.

"Dari 47 ruas jalan Provinsi Jambi yang harus di pelihara di pilih 12 ruas jalan yang benar-benar menjadi prioritas karena kondisi-nya dalam keadaan rusak berat dan kritis," kata M Fauzi.

Peningkatan kapasitas jalan Provinsi Jambi tersebut disesuaikan dengan kondisi tanah. Jika kondisi tanah keras akan dibangun dengan aspal dan jika kondisi tanah lembut atau rawa akan dibangun rigit beton.

Saat ini, sebagian ruas jalan yang dalam kondisi rusak berat dan kritis tersebut berada di daerah tanah gambut, contohnya ruas jalan Sabak-Rantau Rasau. Selain itu juga terdapat ruas jalan yang dilakukan peningkatan kapasitas kombinasi antara aspal dan rigit beton, seperti ruas jalan Simpang Pelawan-Batang Asai.

"Untuk anggaran dana-nya masih dalam proses karena RPJMD Jambi masih belum di sah-kan, namun untuk sektor Bina Marga di alokasi dana sekitar Rp 400 miliar," katanya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments