Selasa, 26 Oktober 2021

Ketua TP PKK Tanjabbar Tinjau Kesiapan Pelaksanaan MTQ

Selasa, 28 September 2021 | 13:19:05 WIB


Ketua TP PKK Tanjung Jabung Barat Umy Hj. Fadhilah Sadat meninjau kesiapan beberapa spot lokasi
Ketua TP PKK Tanjung Jabung Barat Umy Hj. Fadhilah Sadat meninjau kesiapan beberapa spot lokasi / istimewa

KUALATUNGKAL - Ketua TP PKK Tanjung Jabung Barat Umy Hj. Fadhilah Sadat meninjau kesiapan beberapa spot lokasi yang akan menjadi tujuan kunjungan para kafilah dan tamu dari luar daerah selama pelaksanaan MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (28/09).

Beberapa spot lokasi dimaksud di antaranya Showroom Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Kawasan wisata Titian Orang Kayo Mustiko Rajo Alam (WFC Kuala Tungkal) dan Masjid Syeikh Utsman Tungkal yang menjadi arena utama pelaksanaan MTQ.

Didampingi Ibu Ketua GOW Uni Yati Hairan, ibu Ketua DWP Heni Agus Sanusi dan Ibu Wakil Ketua IV TP PKK Lenni Triana Jeter, peninjauan dimulai di Showroom Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang terletak di kawasan Food Corner. Kepada pengelola showroom, Umy Dhilah Sadat berpesan agar mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan termasuk terkait ketersediaan/stok produk kerajinan tangan khas daerah yang menjadi unggulan seperti Batik khas tanjab barat, kerajian tikar purun dan juga produk kerajinan olahan dari batok kelapa.

“Momen MTQ ini harus bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin sebagai ajang promosi daerah termasuk promosi kerajinan daerah kita seperti batik, anyaman tikar purun dan produk olahan batok kelapa ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan stok yang cukup selama pelaksanaan MTQ. Ini juga tentunya akan sangat membantu perekonomian masyarakat kita,” ujar umy.


Pengelola Showroom Dekranasda, Anggia Wirdayuli menyampaikan untuk ketersediaan stok produk kerajinan tangan khas daerah sudah dipersiapkan sejak awal. Anggi juga menambahkan selama pelaksanaan MTQ, pihaknya akan mengadakan demonstrasi cara pembuatan kerajinan tersebut agar para pengunjung bisa mengetahui proses demi proses pembuatan batik, anyaman tikar purun, produk tas hasil olahan dan juga produk lainnya.

Peninjauan dilanjutkan di kawasan Masjid Syeikh Utsman Tungkal yang menjadi arena utama pelaksanaan MTQ. Ibu Ketua PKK beserta rombongan berkeliling seputar area masjid, mengecek kondisi dan kesiapan salah satu ikon kebanggaan masyarakat Tanjab Barat tersebut.

Didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkim Safrun, umy dhilah sadat juga mengecek kondisi bangunan masjid yang telah di renovasi dan dimodifikasi demi menyambut even keagamaan terbesar di provinsi jambi itu.


“Kita disini ingin memastikan kesiapan masjid syeikh utsman tungkal yang nanti akan menjadi arena utama. Selain kesiapan dekorasi, kebersihan dan keindahannya, kita juga berkeliling mengecek kondisi bangunan masjid agar nanti sewaktu pelaksanaan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Umy.


Kegiatan peninjauan dilanjutkan ke lokasi kawasan wisata Titian Orang Kayo Mustiko Rajo Alam. Di kawasan yang populer dengan nama WFC Kuala Tungkal itu, Umy Hj. Fadhilah Sadat saat diwawancara, meminta OPD pengelola dan OPD terkait agar senantiasa memperhatikan dan menjaga kebersihan dan keindahannya. Pada momen MTQ nanti lanjut umy, kawasan WFC diprediksi akan tumpah tuah oleh pengunjung dari luar daerah.

“Ini adalah salah satu kawasan wisata kebanggaan kita. Diperkirakan selama MTQ, akan ramai pengunjung dari luar daerah datang kesini. Jadi sangat penting untuk menjadi perhatian terkait kebersihan dan keindahan wfc ini termasuk kesiapan fasilitas umum seperti musholla, parkir dan toilet,” pungkasnya.

Terakhir, Umy Hj. Fadhilah Sadat mengajak seluruh elemen masyarakat selaku tuan rumah, untuk turut serta menyukseskan pelaksanaan MTQ yang sesuai jadwal, rangkaian kegiatannya akan dimulai dari tanggal 30 September hingga 9 Oktober. Umy berharap agar seluruh warga senantiasa menjaga kebersihan, keindahan dan keasrian lingkungan tempat tinggalnya terutama di lokasi-lokasi sekitar pemondokan dan juga sekitar lokasi pelaksanaan lomba.


“Dan tak lupa, saya mengajak kita semua untuk selalu menjaga kesehatan dan mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan sehingga setelah pelaksanaan MTQ, diharapkan tidak muncul klaster baru penyebaran virus Covid-19,” tutupnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments