Sabtu, 4 Desember 2021

Gubernur: Program Pembangunan Pemprov Jambi Harus Bersinergi dengan Daerah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:26:51 WIB


Gubernur Jambi Al Haris
Gubernur Jambi Al Haris / istimewa

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris mengingatkan program pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi harus sinergi dengan program pembangunan di tingkat kabupaten dan kota.

"Program pembangunan jangka menengah Provinsi Jambi, selain sinkron dengan kebijakan perencanaan yang terintegrasi dengan perencanaan nasional, juga harus sinkron dengan program pembangunan di kabupaten dan kota," kata Al Haris, Jumat (15/10).

Ia mengatakan berbagai program pembangunan yang telah direncanakan harus sesuai dengan tata kelola pemerintahan, dapat memantapkan perekonomian masyarakat dan daerah serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Untuk itu, Al Haris menjelaskan tolak ukur keberhasilan program pembangunan tersebut antara lain dengan pencapaian indikator makro yang lebih baik dalam setiap sektor.

Indikator itu antara lain meningkatnya pertumbuhan ekonomi, menurunnya angka kemiskinan dan angka pengangguran terbuka, meningkatnya indeks pembangunan manusia serta meningkatnya pendapatan per-kapita dan indeks gini.

"Kita ingin jadikan Provinsi Jambi yang memiliki daya saing, baik di Pulau Sumatera maupun secara nasional dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada," kata Al Haris.

Saat ini, di Provinsi Jambi juga terdapat pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dapat meningkatkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, salah satunya pembangunan tol Trans Sumatera.

Pembangunan jalan tol tersebut melintasi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Muaro Jambi, Batanghari dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pembangunan infrastruktur ini sedang dalam proses pembebasan lahan, baik lahan milik masyarakat maupun lahan yang masuk dalam wilayah perkebunan perusahaan.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments