Selasa, 30 November 2021

40 Ribu Masyarakat Bungo Sudah di Suntik Vaksin

Selasa, 27 Juli 2021 | 11:26:19 WIB


Vaksin Covid-19 Astra Zeneca
Vaksin Covid-19 Astra Zeneca / istimewa

MUARABUNGO - Pemerintah Kabupaten Bungo terus melakukan upaya percepatan penanganan Covid-19 dengan melakukan vaksinasi terhadap seluruh masyarakat.

Hingga kini, sebanyak 40.077 orang telah melakukan vaksinasi tahap pertama dan 14.234 sudah melakukan vaksinasi tahap kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Bungo, melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi, Gunawan SKm menyebutkan, pihaknya kini telah melakukan vaksin terhadap anak remaja umur 12-17 tahun.

Sebeluma itu, Dinas Kesehatan juga telah menyasar pemberian vaksin terhadap pelayanan publik, lansia dan masyarakat umum atau yang rentan terpapar Covid-19.

"Untuk Kabupaten Bungo tidak memiliki target pemberian vaksin. Jika stok vaksin tersedia akan kita berikan kepada masyarakat," ujarnya, Senin (26/7).

Namun sasaran pemberian vaksin memang diberikan kepada Dinas Kesehatan Bungo oleh Provinsi Jambi dan itu diakui Gubawan telah dilakukan dengan maksimal.

"Hingga saat ini sasaran penerima kita sejumlah 38.540 orang, tapi kita telah berhasil memberikan vaksin pertama kepada 40.077 orang. Artinya kita sudah mencapai 104 persen," tuturnya.

Gunawan mengakui untuk pemberian vaksin sampai saat ini belum menemui kendala berarti. Namun, yang cukup menghambat masyarakat dalam melakukan vaksin karena masih banyak yang percaya berita hoaks di media sosial.

"Sudah 40 ribu yang kita vaksin sampai sekarang aman saja. Kalau ada terasa nyeri atau ngantuk itu hal yang wajar," ungkap Gunawan.

Sedangkan solusi pemberian vaksian kepada anak remaja saat diberlakukan pembelajaran secara daring. Dinas Kesehatan telah melakukan koordinasi kepada setiap kepala sekolah untuk meminta anak didiknya melakukan vaksin.

Selain itu, anak-anak juga bisa datang langsung ke Posko vaksin yang ada di Puskesmas disetiap kecamatan di Kabupaten Bungo.


Penulis: Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments