Selasa, 9 Agustus 2022

Capaian Vaksinasi Masih Rendah, Satgas Khawatir PPKM Sarolangun Naik Level

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:48:42 WIB


Satgas Covid-19 Kabupaten Sarolangun mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, Rabu (20/10)
Satgas Covid-19 Kabupaten Sarolangun mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, Rabu (20/10) / Metrojambi.com

SAROLANGUN – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sarolangun kembali menggelar Operasi Yustisi dalam rangka mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Sarolangun Muslihadi mengatakan jika kegiatan vaksinasi terus turun, bisa berakibat pada kenaikan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Kita tidak ingin kalau kegiatan vaksinasi menurun kena sanksi, lalu level PPKM bisa naik. Kita akan terus bekerja keras untuk ini,” kata Muslihadi, Rabu (20/10).

Dalam Operasi Yustisi itu, Tim Satgas Covid-19 mengerahkan tiga kelompok, yang bertugas mengajak masyarakat mau mengikuti vaksinasi yang telah disiapkan pemerintah. Kawasan pasar menjadi salah satu sasaran Operasi Yustisi.

Muslihadi menyebutkan, Pemkab Sarolangun menargetkan setidaknya 50 persen warga sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. “Itu keinginan pak Bupati. Oleh karenanya kita akan masuk kesemua sistem dan komunitas,” ujarnya.

Kabag Ops Polres Sarolangun Kompol Ahmad Bastari menambahkan, jika dilihat dari capaian tersebut otomatis disemua Kecamatan vaksinisasi masih cukup rendah.

“Vaksin dosis pertama baru sekitar 40 persen dan yang kedua itu 20 persen, masih rendah dan kalau ini tidak kita tingkatkan bisa meningkatkan status PPKM menjadi level 3,” kata Bastari.

Untuk itu, dia mengaku akan terus melakukan kegiatan turun langsung kelapangan. Dari amatan masih banyak masyarakat yang longgar dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kita temukan mereka tidak menerapkan prokes dan belum melaksanakan vaksin akan kita bawa mereka ketempat vaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun Silahuddin menjelaskan kedepan pihaknya akan melakukan rapat bersama.

“Dalam rangka peningkatan dari Covid-19 dan evaluasi terhadap kinerja selama ini. Mudah-mudahan nanti dengan adanya kekompakan dari semua lini ini bisa tercapai,” tutupnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments