Selasa, 30 November 2021

Diperkirakan Ada 880 Bacaleg Mendaftar ke KPU

Jumat, 13 Juli 2018 | 14:16:39 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi memperkirakan sekitar 880 orang bacaleg akan meramaikan bursa pendaftaran untuk menjadi calon legislatif (caleg) DPRD provinsi itu dalam pemilihan legislatif 2019.

"Berdasarkan hitungan kami dapat diprediksi akan ada 880 orang lebih bacaleg yang akan mendaftar menjadi calon legislatif," kata Komisioner KPU Provinsi Jambi M Sanusi di Jambi, Jumat.

Alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Jambi dalam pemilihan legislatif 2019 kata Sanusi, masih sama dengan pemilihan legislatif sebelumnya, yakni 55 kursi.

Dari jumlah kuota tersebut jika seluruh partai peserta pemilu mengajukan pesertanya maka diprediksi ratusan bacaleg yang akan mendaftar.
Di Provinsi Jambi berdasarkan SK Komisi Pemilihan Umum RI Nomor: 268/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 menetapkan enam daerah pilihan (Dapil), dengan rincian alokasi kursi untuk Dapil I (10 kursi) Dapil II (10 kursi), Dapil III (6 kursi), Dapil IV (10 kursi), Dapil V (10 kursi) dan Dapil VI (9 kursi).

Pendaftaran calon anggota legislatif, baik DPR, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota, serta calon anggota DPD di seluruh Indonesia mulai dibuka pada 4-17 Juli 2018.

Namun hingga dibukanya proses pendaftaran tersebut saat ini kata Sanusi, baru terdapat satu partai politik yang telah mendaftar bakal calon legislatifnya, yakni Partai Berkarya.

Masih sedikitnya partai politik yang menyerahkan berkas pendaftarannya itu, pihak KPU Provinsi Jambi mengimbau agar partai politik untuk segera mendaftarkan bakal calon legislatifnya.

"Kami imbau agar partai politik menyerahkan berkas pendaftarannya jangan saat injury time atau waktu yang mepet, karena akan berisiko jika dokumen pencalonan tidak lengkap maka tidak akan ada kesempatan lagi untuk datang lagi karena waktu pendaftarannya sudah berakhir," katanya menjelaskan.

Setiap partai politik kata Sanusi wajib melengkapi semua dokumen pendaftaran bakal calon legislatif, jika salah satu dokumen tidak memenuhi syarat maka akan dikembalikan untuk dilengkapi. "Selain itu masih banyak dokumen syarat calon yang harus dipenuhi, sebab itu lebih baik segera mendaftar," katanya menambahkan.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments