Senin, 16 Mei 2022

Takbiran Idul Adha Sampai Kapan Ya? Ini Batas Waktunya

Senin, 19 Juli 2021 | 11:39:24 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI -  Melafadzkan takbir merupakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai bentuk syukur kepada-Nya. Hal ini tertulis dalam Quran surat Al Hajj ayat 28

Artinya: Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah (berdzikir) pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir. (QS. Al Hajj : 28)

Lantas, membaca takbir pada hari raya Idul Adha disunnahkan sampai kapan?

Dikutip dari buku 'Pintar Hadits Edisi Revisi' karya Syamsul Rijal Hamid, menurut Imam Malik dan Imam Syafi'i takbir Idul Adha dilaksanakan sejak Dzuhur pada hari raya Idul Adha. Lafadz takbir dikumandangkan hingga waktu sholat Subuh pada hari Tasyrik terakir.

Berdasarkan hadits riwayat Muslim, hari tasyrik adalah hari makan dan minum di tanggal 11,12, 13 Dzulhijjah. Artinya, 13 Dzulhijjah jatuh di tanggal 23 Juli 2021.

Sementara itu, menurut Imam Ahmad, Abu Saur, dan Sufyan Saury takbir Idul Adha dibaca sejak Subuh pada hari Arafah hingga waktu sholat Ashar pada hari Tasyrik terakhir.

Perbedaan Takbir Idul Fitri dan Idul Adha

Berdasarkan hadits tentang takbiran terdapat perbedaan takbir Idul Fitri dan Idul Adha. Takbir Idul Fitri, menurut Ibnu Umra, Imam Malik, Imam Ahmad dan Ishaq dilafadzkan sejak keluar untuk sholat Ied sampai dengan dimulainya khotbah. Sedangkan menurut Imam Syafi'i, takbir dimulai sejak terbenam matahari di hari akhir Ramadhan sampai dimulainya khotbah.

Sedangkan, takbir Idul Adha dilafadzkan sejak Subuh di hari Arafah hingga hari tasyrik terakhir. Lalu, hukum bertakbir hari kedua sunnah dan diucapkan tidak terbatas pada waktu-waktu tertentu, tetapi berlaku untuk semua waktu.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments