Senin, 4 Juli 2022

Lomba Video dan "Risalah Santri" Warnai Peringatan Hari Santri di Jambi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:03:08 WIB


Santri di Provinsi Jambi mengikuti peringatan Hari Santri di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi, Jumat (22/10/2021)
Santri di Provinsi Jambi mengikuti peringatan Hari Santri di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi, Jumat (22/10/2021) / ANTARA/Adrian

 JAMBI - Lomba video dan "Risalah Santri" mewarnai peringatan Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Jambi dengan acara puncak digelar secara tatap muka dan virtual di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi, Jumat (22/10).

Para santri dari ratusan pondok pesantren di Provinsi Jambi berpartisipasi dalam lomba yang menguji dan menuntut kemahiran serta keuletan dalam membuat tayangan video maupun tulisan.

"Lomba membuat video ini untuk memberikan ruang kreativitas dan unjuk kemampuan para santri secara positif. Melalui ajang ini mereka mengangkat aktivitas pondok pesantren masing-masing," kata Kepala Seksi Pondok Pesantren Kemenag Provinsi Jambi M. Mujahid al-Muhtaram.

Sebanyak empat tema lomba antarpondok pesantren itu, adalah lomba "vaksin" atau tayangan video kegiatan kiai dengan santri, lomba "taslim" yakni video ucapan Hari Santri Nasional, lomba "inkutu" atau membuat video narasi "Andai aku menjadi siapa", serta terakhir "Risalah Santri" yang intinya membuat pesan dari santri untuk pemimpin.

Dari hasil kompetisi kreasi video santri itu, Pondok Pesantren Zailul Islah Kabupaten Muaro Jambi menjadi yang terbaik kategori "Risalah Santri".

Pemenang lomba video "vaksin" Pondok Pesantren Jauharul Fallah Al-Islami Kabupaten Muaro Jambi, lomba "taslim" dengan juara Pondok Pesantren Jari Nabi Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta lomba "inkutu" dengan juara Pondok Pesantren Darul Qiyam Kabupaten Kerinci.

"Kegiatan lomba digelar sejak beberapa waktu lalu, pesertanya dari 350-an pesantren yang ada di Provinsi Jambi ini," kata dia.

Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Jambi digelar secara tatap muka dan daring.

Sejumlah pimpinan dan pengasuh pondok pesantren dari berbagai kabupaten/kota di Jambi mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Hadir pula pada kesempatan itu, perwakilan pemuka agama Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jambi.

Pada kesempatan itu, Kemenag Jambi melakukan dialog dengan para pimpinan pondok pesantren di daerah. Sejumlah pondok pesantren menyampaikan aktivitas pembelajaran di ponpes, program, kemajuan, serta menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi. Peristiwa itu juga ajang silaturahim dan menyerap aspirasi langsung dari pondok pesantren di daerah.

Peringatan Hari Santri Nasional juga digelar oleh pemerintah kabupaten/kota serta pondok pesantren, salah satunya Pemkab Merangin menggelar upacara bendera.

Pada kesempatan itu Bupati Merangin Mashuri membacakan amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dihadiri oleh para santri pondok pesantren, aparatur sipil negara, serta undangan lainnya.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments