Minggu, 5 Desember 2021

Tambal Sulam Asal Jadi, Jalan Nasional di Sungaipenuh-Kerinci Bergelombang

Senin, 25 Oktober 2021 | 11:15:00 WIB


Kondisi ruas jalan nasional di Sebukar - Simpang Hiang yang bergelombang
Kondisi ruas jalan nasional di Sebukar - Simpang Hiang yang bergelombang / istimewa

SUNGAIPENUH - Bukan hanya jalan kabupaten dan kota, namun jalan nasional yang ada di Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci, sepertinya masih perlu ada perhatian khusus dari pemerintah.

Sekalipun berada di kawasan perkotaan, namun banyak dijumpai aspal jalan yang kondisinya perlu perbaikan. Itu terpantau di jalan Koto Keras, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungaipenuh.

Beberapa aspal jalan yang rusak hanya ditambal asal-asalan. Bahkan, bekas tambalan tersebut membuat jalan bergelombang atau tidak rata. Kondisi tersebut tentu sangat membahayakan pengguna jalan, utamanya pengendara sepeda motor.

"Jalan nasional di Sungaipenuh hanya dilakukan tambal sulam, pengerjaannya juga terlihat asal jadi, sehingga jalan bergelombang," kata Rifaim warga Sungaipenuh.

Menurutnya, tambal sulam ini dikerjakan beberapa bulan lalu, namun saat ini sudah ada yang retak dan rusak. "Tolong pihak Balai Nasional memperhatikan ini, karena anggarannya cukup besar, tapi pengerjaan dilakukan asal jadi," sebutnya.

Selain di Kota Sungaioenuh, pemandangan serupa juga terjadi di jalan nasional di Kabupaten Kerinci. Ada beberapa titik badan jalan bergelombang, namun hanya dibiarkan tanpa ada tindakan perbaikan.

Menurut Fen, salah seorang warga Kerinci, kondisi jalan gelombang itu sudah berlangsung cukup lama. “Posisinya di simpang Hiang menuju Sebukar dan Sanggarang Agung - Seleman. Aspal jalan nampak bergelombang. Tentu sangat membahayakan pengendara, apalagi sepeda motor. Kalau hujan tidak kelihatan dan bisa membuat tergelincir,” ujarnya.

Ia sangat berharap, pihak terkait bisa segera bersikap sebelum jatuh korban jiwa. “Balai Pemelihara Jalan Nasional mestinya bisa segera turun ke lapangan mengecek jalan tersebut," katanya.

Sementara itu anggota Komisi V DPR RI, H Bakri saat dimintai tanggapannya terkait pekerjaan ruas jalan nasional di Kerinci dan Sungaipenuh yang terkesan asal jadi mengatakan, dalam waktu dekat dirinya akan turun Kerinci.

"Kita akan ke Kerinci untuk mengecek beberapa laporan masyarakat, diantaranya irigasi dan jalan nasional," katanya singkat.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments