Sabtu, 4 Desember 2021

Damkar Tebo Butuh Armada dan Pos Baru

Senin, 25 Oktober 2021 | 11:28:01 WIB


Arief Haryoko, Kadis Damkar Tebo
Arief Haryoko, Kadis Damkar Tebo / istimewa

MUARATEBO - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tebo selalu kesulitan dalam penanganan musibah kebakaran di daerah kampung seberang aliran sungai Batanghari Kabupaten Tebo.

Untuk itu, Damkar Tebo dirasa perlu melakukan pembenahan internal, terkait fasilitas penunjang kerja yang dibutuhkan.

Kadis Damkar Tebo Arief Haryoko mengungkapkan, selain membutuhkan pos tambahan di setiap kecamatan, pihaknya juga membutuhkan tambahan unit armada dan peralatan pemadam lainnya demi kondusifitas kerja.

"Beberapa unit armada kita sudah tua, terkadang kecepatannya bermasalah, fasilitas penunjang kerja ini sangat kita butuhkan. Kita juga butuh tambahan pos siaga di setiap kecamatan begitupun peralatan pemadam," ungkapnya, Senin (25/10).

Arief menyebutkan, total armada saat ini hanya ada 6 unit dari 6 pos siaga yang tersebar di sejumlah daerah. Seperti di Muara Tabir dan VII Koto tidak ada armada. 

Posisi armada saat ini, di Kantor Damkar Tebo ada 2 unit yakni, armada jenis PS kapasitas 3000 liter pengadaan tahun 2013 dan mobil tangki kapasitas 3000 liter dari pengadaan DAK tahun 2016.

Kemudian di pos unit Kecamatan Rimbo Bujang dan Tebo Tengah masing masing 1 unit mobil jenis fuso kapasitas 10.000 liter dari pengadaan tahun 2009.  Lalu, di pos unit Kecamatan Tebo Ulu dan Tebo Ilir masing masing 1 unit armada PS berkapasitas 4000 liter.

"Sedangkan di Kecamatan Muara Tabir dan VII Koto hanya ada pos tidak ada unit armada," katanya.

Menurut Arief, untuk mempermudah dan mempersingkat jarak tempuh dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran. Pihaknya menginginkan adanya pos di setiap kecamatan yang ada di Tebo.

"Kita hanya berupaya mengusulkan ke dewan, itupun jika disetujui, untuk diketahui terkadang kita sulit menjangkau daerah seberang yang jauh dari pos, dan akses armada yang sulit," katanya.


Penulis: Suci
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments