Sabtu, 4 Desember 2021

Gubernur: Sistem Perkotaan Sentusa Jadi Embrio Penguatan Ekonomi Jambi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:28:59 WIB


Gubernur Jambi Al Haris memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Jambi. Gubernur Jambi menyatakan sistem perkotaan kawasan ekonomi baru Sentusa menjadi embrio penguatan ekonomi di Provinsi Jambi.
Gubernur Jambi Al Haris memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Jambi. Gubernur Jambi menyatakan sistem perkotaan kawasan ekonomi baru Sentusa menjadi embrio penguatan ekonomi di Provinsi Jambi. / ANTARA/Muhamad Hanapi

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris menyatakan sistem perkotaan yang di kembangkan dalam program kawasan ekonomi baru Sengeti-Tungkal-Sabak (Sentusa) menjadi embrio penguatan ekonomi di Provinsi Jambi.

"Konsep penguatan sistem perkotaan Sengeti–Tungkal–Sabak (Sentusa) akan menjadi embrio penguatan ekonomi perkotaan di Jambi," kata Al Haris, Selasa (26/10).

Al Haris menjelaskan perkotaan kawasan ekonomi baru tersebut akan di dukung oleh Kota Jambi sebagai pusat kegiatan nasional (PKN) yang terkoneksi dengan aksebilitas moda transportasi darat-laut dan sungai-udara. Selain itu juga disiapkan konektivitas transportasi antara kawasan ekonomi baru tersebut dengan Pelabuhan Ujung Jabung sebagai jalur perdagangan laut.

Dimana saat ini Pemerintah Provinsi Jambi tengah berupaya meningkatkan kapasitas pelabuhan tersebut dari pelabuhan pengumpul menjadi pelabuhan berskala nasional dan internasional karena letaknya yang berada di jalur perdagangan internasional.

Maka dari itu Al Haris meminta Pemerintah Kabupaten Muarojambi untuk dapat berbenah diri seperti kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Jambi yang dalam kurun waktu 30 tahun terakhir baru dimekarkan.

"Harapannya Kabupaten Muarojambi tidak hanya berfungsi sebagai penyangga Kota Jambi, tetapi akan jadi yang utama kalau nanti semua kawasannya berkembang," kata Al Haris.

Al Haris meminta agar pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi membangun daerah dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Dimana pembangunan tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan, baik dalam tatanan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

Selain itu Al Haris turut menjelaskan bahwa dalam RPJMD Provinsi Jambi periode 2021-2026 salah satu prioritas pembangunan di fokuskan pada upaya memantapkan perekonomian masyarakat dan daerah melalaui program 'dua miliar satu kecamatan' (Dumisake).

Fokus kegiatan program tersebut meliputi bantuan pendidikan, bantuan modal kerja bagi UMKM dan industri rumah tangga, bantuan bagi kaum perempuan yang tergolong tidak mampu dan miskin. Serta memperkuat era digitalisasi melalui E-learning dan E-bisnis dengan memperbanyak akses internet bagi desa dan kelurahan.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments