Sabtu, 4 Desember 2021

Program Studi Tadris Bahasa Inggris UIN STS Jambi Gelar Webinar Nasional

Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:06:00 WIB


Program studi tadris bahasa Inggris UIN STS Jambi gelar Webinar nasional
Program studi tadris bahasa Inggris UIN STS Jambi gelar Webinar nasional / istimewa

JAMBI - Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi melalui program studi Tadris Bahasa Inggris kembali menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan dengan mengadakan dua rangkaian seri Webinar Nasional.

Dalam kegiatan tersebut, Prodi Tadris Bahasa Inggris menyoroti hal-hal urgensi terkait permasalahan-permasalahan yang hangat diperbincangkan belakangan ini.

Kedua kegiatan Webinar Nasional yang secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi, Ibu Dr. Hj. Fadlillah, M. Pd., pada Sabtu (16/10/2021) dan Selasa (26/10/2021) dihadiri oleh para Wakil Dekan 1, 2, dan 3, serta para pejabat fakultas lainnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi Prodi TBI UIN STS Jambi terhadap dunia pendidikan dalam era revolusi industry 4.0 yang dimaksudkan sebagai salah satu bentuk program kerja Prodi terkait Tridarma Perguruan Tinggi.

Wahyuni Fitria, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris dalam sambutannya menyampaikan harapan terkait diselenggarakannya Kegiatan webinar nasional ini.

“Sebagai upaya untuk memfasilitasi mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris secara khusus, serta akademisi pada umumnya terhadap perkembangan penelitian dalam ranah Pendidikan Bahasa Inggris. Untuk itulah Prodi Tadris Bahasa Inggris UIN STS Jambi mengadakan dua rangkaian kegiatan webinar nasional ini,” kata Wahyuni.

Bertemakan “Trends and Issues on Research in ELT” di Webinar Nasional seri pertama (16/10/2021) dan “Research and Publication” pada seri yang kedua (26/10/2021), dua kegiatan Webinar nasional tersebut sama-sama diadakan secara online melalui aplikasi zoom, dan telah berhasil menarik ratusan minat para peserta dari latar belakang mahasiswa, dosen, maupun para pelaku civitas akademika lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Shynta Amalia, M.Pd selaku ketua panitia dari dua rangkaian kegiatan webinar nasional tersebut mengundang, dua narasumber utama. Pada kegiatan webinar seri pertama yakni Prof. Yazid Basthomi, S. Pd., M.A dari Universitas Negeri Malang yang memaparkan materinya bertemakan ‘Corpus Research for Language Teachers’, dan Pupung Purnawarman, M. S.Ed., Ph.D dari UPI Bandung sebagai narasumber kedua yang fokusnya membahas tentang ‘Utilizing Technology and Resources for Language Research’.

Lalu, pada webinar seri kedua panitia kegiatan mendatangkan tiga narasumber utama, yaitu Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M. Hum., M.A., dari UIN Alauddin Makassar yang membawakan tema ‘Revealing the Scientific Truth Through Research and Publication’, Abdul Hadi, S. Pd., M.A., Ph.D dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang fokusnya membahas tentang ‘Overseas Fellowship Application: Research and Publication Opportunities for Indonesian Academics’, dan pemateri dari tuan rumah UIN STS Jambi, yakni Dr. Muhamad Taridi, M. Pd., yang memaparkan materinya terkait ‘Getting a Scientific Language’.

Antusiasme yang luar biasa juga telah ditunjukkan oleh para peserta yang mengikuti jalannya Webinar dengan cara ikut berpartisipasi dalam sesi Tanya jawab dengan pemateri.

Untuk itu, pada rangkaian kegiatan webinar nasional yang pertama, sebagai bentuk apresiasi panitia kepada para peserta, Panitia juga turut menyiapkan doorprize bagi para peserta yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi dari narasumber. 


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments