Kamis, 9 Desember 2021

Laboratorium PCR Bergerak di Jambi Siaga 24 Jam

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:00:05 WIB


Mobile Laboratorium PCR RS Baiturrahim Jambi. Mobile Laboratorium PCR Jambi siap siaga selama 24 jam untuk melakukan pengujian PCR.
Mobile Laboratorium PCR RS Baiturrahim Jambi. Mobile Laboratorium PCR Jambi siap siaga selama 24 jam untuk melakukan pengujian PCR. / (Antara/Muhamad Hanapi)

JAMBI - Laboratorium PCR bergerak yang dioperasikan Rumah Sakit Pertamina Baiturrahim Jambi  siaga melakukan tes usap PCR Covid-19 selama 24 jam.

"Mobile Laboratorium PCR kita siap siaga selama 24 jam, jika ada yang mendesak untuk melakukan tes PCR bisa kita layani," kata Direktur Utama RS Pertamina Baiturrahim Jambi Dokter Jasril Hadiyanto, Rabu (27/10).

Selain itu, hasil tes PCR melalui Laboratorium PCR bergerak dapat diketahui kurang dari 24 jam sehingga sangat efektif dilakukan untuk keperluan yang mendesak.

Terdapat dua unit alat tes PCR di Laboratorium PCR bergerak tersebut, yakni satu unit alat tes PCR ukuran besar dan satu unit alat tes PCR ukuran kecil.

Alat tes PCR ukuran besar dapat melakukan tes terhadap 96 sampel dalam satu kali tes dan hasilnya dapat diketahui kurang dari 24 jam. Kemudian untuk alat tes PCR ukuran kecil dapat melakukan tes untuk 12 sampel dalam satu kali pengujian, dan hasilnya dapat diketahui kurang dari 6 jam.

Saat ini dalam satu hari Mobile Laboratorium PCR melakukan pengujian 100 sampai 120 sampel per hari.

"Masyarakat yang melakukan tes PCR di Mobile Laboratorium didominasi untuk syarat penerbangan dan syarat untuk melaksanakan tugas pekerjaan, terutama untuk pekerja tambang dan BUMN," kata Dokter Jasril.

Untuk saat ini Mobile Laboratorium PCR dalam melakukan uji PCR masih menetap di RS Baiturahim Jambi. Yang semula di rencanakan untuk melakukan pengujian keliling di Kota Jambi belum dapat dilaksanakan karena terkendala biaya operasional.

Namun petugas laboratorium disiagakan untuk keliling mengambil sampel sesuai dengan permintaan, sehingga fungsinya masih tetap sama.

"Kita sudah mendapat izin dari KKP untuk runing ke Bandara, namun jumlah sampel yang di uji di Bandara belum terlalu banyak, sehingga belum dilaksanakan," kata Jasril.

Mobile Laboratorium PCR tersebut sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan. Sehingga hasil tes PCR dari Mobile Laboratorium PCR sudah bisa digunakan untuk syarat seluruh moda transportasi. baik transportasi udara, laut dan darat.

Tarif tes PCR di Mobile Laboratorium PCR tersebut juga sudah sesuai dengan ketentuan dari Pemerintah Pusat. Untuk satu kali tes tarifnya Rp525 ribu. Masyarakat yang ingin melakukan tes PCR dapat langsung mendatangi Mobile Laboratorium PCR di RS Baiturrahim Jambi.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments