Sabtu, 4 Desember 2021

Kabar Terkini Pandemi Covid-19 Dunia

Jumat, 12 November 2021 | 16:32:41 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAKARTA - Berikut ini adalah kabar terbaru tentang pandemi Covid-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Jumat mengungkapkan rencana mendesak untuk menambah ranjang rumah sakit dan sumber daya medis untuk menghadapi kemungkinan meningkatnya infeksi Covid-19 pada musim dingin.

* Otoritas kota Beijing telah memberlakukan pembatasan baru dalam konferensi dan kegiatan masyarakat lainnya setelah enam kasus lokal ditemukan pada Kamis.

Timur Tengah dan Afrika

* PM Israel Naftali Bennett dan para ajudan seniornya bersembunyi di sebuah bunker komando nuklir untuk melakukan simulasi wabah varian Covid-19 kebal vaksin yang mengancam jiwa anak-anak. Dia menggambarkan kondisi itu sebagai "perang berikutnya".

* Moderna menawarkan vaksinnya ke Uni Afrika dengan harga 7 dolar AS (sekitar Rp 99.600) per dosis, kata kepala Pusat Pengendalian Penyakit Afrika.

Amerika

* Episentrum-episentrum wabah di Kanada berpindah dari kota-kota yang padat penduduk ke daerah-daerah pedesaan dan terpencil yang memiliki tingkat vaksinasi lebih rendah dan sumber daya kesehatan publik lebih sedikit.

Eropa

* Orang yang tidak divaksin ketika gelombang keempat Covid-19 menghantam Jerman harus paham bahwa mereka punya kewajiban untuk melindungi orang lain, kata Kanselir Angela Merkel pada Kamis.

* Pemerintah Belanda tengah mempertimbangkan apakah akan memberlakukan penguncian sebagian ketika kasus infeksi baru melonjak ke rekor tertinggi sejak awal pandemi.

* Swedia mencatat penurunan tajam jumlah tes Covid-19 bulan ini ketika banyak negara Eropa melaporkan kenaikan tingkat penularan, setelah badan kesehatan setempat mengatakan warga Swedia yang sudah divaksin tak perlu dites meskipun mengalami gejala penyakit itu.

* Austria beberapa hari lagi akan menerapkan penguncian bagi jutaan orang yang belum divaksin penuh ketika infeksi harian mencapai angka tertinggi dan ruang perawatan intensif rumah sakit kewalahan, kata Kanselir Alexander Schallenberg.

Perkembangan Medis

* Regulator obat-obatan Eropa telah merekomendasikan dua pengobatan Covid-19 yang menggunakan antibodi, satu dari Regeneron-Roche dan satu lagi dari Celltrion di Korea Selatan, ketika kawasan itu membangun pertahanan mereka terhadap lonjakan kasus.

Dampak Ekonomi

* Saham-saham Asia meningkat pada Jumat setelah investor melihat sentimen positif dari tingkat inflasi AS yang dapat mengakhiri kenaikan harga-harga.

* Ekonomi Malaysia menyusut 4,5 persen pada triwulan ketiga, terkontraksi lebih dari yang diharapkan setelah mengalami kenaikan pada triwulan kedua. Namun bank sentral setempat mengharapkan pemulihan segera ketika pembatasan Covid-19 dilonggarkan dan aktivitas ekonomi dibuka kembali.

* Pemulihan ekonomi Inggris tertinggal dari negara-negara kaya lainnya pada periode Juli-September, menurut data resmi.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments