Senin, 4 Juli 2022

Disdukcapil Sarolangun akan Jemput Bola Kejar Target KIA Nasional

Rabu, 10 November 2021 | 21:40:12 WIB


Kepala Disdukcapil Sarolangun Ridwan
Kepala Disdukcapil Sarolangun Ridwan / Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Dinas Kependudukan, Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sarolangun terus berupaya mengejar target nasional penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Sarolangun Ridwan mengatakan, sejauh ini data KIA yang dicetak oleh pihaknya sudah mencapai 25.179 orang. "Kalau persentasenya itu 28,1 persen dan untuk target nasional memang diangka 30 persen. Kita akan sikapi agar bisa mencapai itu," ujarnya, Rabu (10/11).

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan jemput bola ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Selain itu, Ridwan juga akan melakukan program terintegritas lainnya dalam hal mencapai target KIA Nasional tersebut.

"Kita lakukan setiap percetakan akta kelahiran langsung kita cetak KIA nya. Itu program kita untuk anak-anak yang lahir langsung memiliki identitas," katanya.

Sementara itu, untuk program KIA tersebut juga memiliki fungsi kewajiban yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia.

Kegunaan KIA sendiri persis seperti KTP yang wajib dimiliki masyarakat pada umumnya. "Untuk anak usia nol sampai 17 tahun itu berhak memiliki kartu identitas yang namanya kartu identitas anak," ungkapnya.

Ridwan mengatakan, kendala yang dihadapi saat ini adalah, keterbatasan alat untuk melakukan percetakan, sarana dan prasarana lain juga perlu penunjang.

Saat ini, proses yang dilakukan untuk KIA masih bertahap dan ditargetkan akan rampung dalam waktu dekat agar bisa terpenuhi.

"Target kita sekolah di pusat ibukota dulu, karena itu paling dekat jangkauannya, nanti baru ke kecamatan lain," pungkasnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments