Senin, 4 Juli 2022

Jalan Depan Kompi Senapan B Muaratebo Jadi Jalur Maut

Kamis, 11 November 2021 | 11:11:00 WIB


Polres Tebo memasang spanduk peringatan jalur maut atau black spot lakalantas di Jalan lintas Tebo – Bungo, tepatnya di kilometer 4 sampai kilometer 6 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah
Polres Tebo memasang spanduk peringatan jalur maut atau black spot lakalantas di Jalan lintas Tebo – Bungo, tepatnya di kilometer 4 sampai kilometer 6 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah / Suci / Metrojambi.com

MUARATEBO - Polres Tebo memasang spanduk peringatan jalur maut atau black spot lakalantas di Jalan lintas Tebo – Bungo, tepatnya di kilometer 4 sampai kilometer 6 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah.

Pasalnya, sejak ada pelebaran setahun terkahir, di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan di lokasi yang sama. Kondisi ini sudah melebihi poin syarat untuk memasang black spot sebagai pengingat kecelakaan.

Pjs Kanit Laka Polres Tebo, Aipda Wahyu mengatakan, sebenarnya pusatnya berada di depan Kompi Senapan B. Namun, pemasangan spanduk pemberitahuan ditarik 500 meter ke arah Jambi dan ke arah Bungo.

"Dalam penentuan jalur maut ini, ada syarat untuk menetapkannya yakni, selama satu tahun di satu lokasi ataupun sepanjang jalur terdapat 30 poin, dengan rincian satu laka maut terjadi 10 poin. Berdasarkan laporan laka maut yang masuk, didaerah tersebut sudah empat kali terjadi, sehingga nilainya 40 poin, dan layak dipasang black spot laka," kata Wahyu, Kamis (11/11).

Menurutnya, di jalur tersebut sebenarnya terjadi lebih dari 4 laka maut. Hanya saja, laporan yang masuk terhitung 4 kali kejadian.

"Ada satu lagi titik yang sering terjadi laka lantas yaitu Jalinsum arah ke Jambi, tepatnya di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir. Tetapi tidak memenuhi syarat untuk dipasang spanduk black spot laka atau jalur maut," katanya.

Berdasarkan aturan, setiap tahun jalur maut bisa berubah-ubah. "Dengan adanya spanduk pengingat, hendaklah pengendara lebih berhati-hati dan waspada, kemudian senantiasa memakai kelengkapan berlalu lintas," pungkas Wahyu.


Penulis: Suci
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments