Kamis, 8 Desember 2022

Kejari Sungaipenuh Tahan Mantan Kades Air Teluh Terkait Korupsi Dana Desa

Jumat, 12 November 2021 | 10:20:18 WIB


Penahan mantan perangkat Desa di Sungaipenuh yang melakukan tindak pidana korupsi Dana Desa
Penahan mantan perangkat Desa di Sungaipenuh yang melakukan tindak pidana korupsi Dana Desa / ANTARA-HO

 JAMBI - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sungaipenuh, Jambi, menahan mantan kepala desa (kades) dan sekretaris desa atas dugaan tindak pidana korupsi Rp 310 juta anggaran Dana Desa Air Teluh, Kota Sungaipenuh, tahun anggaran 2017-2018.

"Kejaksaan Negeri Sungaipenuh telah menahan dua mantan perangkat Desa Air Teluh dalam kasus korupsi anggaran dana Desa Air Teluh," kata Kasi Penkum Kejati Jambi Lexy Fatharany, Jumat (12/11).

Kedua tersangka yakni Arbain (50), mantan kades 2012-2018, dan Resi Vernandes (41), mantan Sekdes 2015-2020.

Kedua tersangka diduga telah melakukan penyimpangan dalam penggunaan anggaran Dana Desa 2017-2018, dalam pembelian tanah serta pembangunan gedung seni dan budaya.

Penyidik Kejari Sungaipenuh menemukan adanya kekurangan volume pekerjaan fisik dan kelebihan pembayaran honor yang tidak dapat dipertangung jawabkan oleh kedua tersangka. Selain itu juga ditemukan pengeluaran yang tidak dilampiri dengan bukti pertanggungjawaban (SPJ).

Penyidik Kejari Sungaipenuh juga menemukan adanya silpa anggaran desa yang belum disetorkan ke kas Desa, namun anggaran tersebut sudah dicairkan dari Kas Daerah Kota Sungaipenuh.

Kedua tersangka terindikasi melakukan tindak pidana korupsi penggunaan anggaran Dana Desa Air Teluh, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungaipenuh tahun anggaran 2017-2018.

Kedua tersangka diduga telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 310.919.002,10 (tiga ratus sepuluh juta Sembilan ratus Sembilan belas ribu dua rupiah sepuluh sen).

Untuk saat ini Kejaksaan Negeri Sungaipenuh telah menitipkan kedua pelaku di tahanan Polres Kerinci.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments