Sabtu, 4 Desember 2021

Tips Menyimpan Sepatu Agar Awet

Senin, 15 November 2021 | 09:23:20 WIB


Ilustrasi sepatu
Ilustrasi sepatu / https://www.pexels.com/photo/two-unpaired-black-and-gray-adidas-sply-350-v2-1032110/

TEKNIK menyimpan sepatu yang baik diperlukan agar koleksi sepatu yang Anda miliki awet, tahan lama, dan tidak berbau. Sepatu bisa berbau tak sedap karena keringat membasahi material di dalamnya, sehingga membuat bakteri berkembang biak. Inilah alasan Anda perlu memahami tips menyimpan sepatu yang baik dan benar.

Jenis sepatu berbeda dan beragam, juga melihat siapa pemakainya. Tentu saja masing-masing cara menyimpannya berbeda. Jika Anda masih sering asal-asalan menyimpan sepatu, sebaiknya segera ubah kebiasaan ini agar sepatu yang dimiliki bisa awet dan tidak mudah rusak.

Agar koleksi sepatu Anda bisa disimpan dengan aman, pahami cara menyimpan sepatu agar tampilannya awet.

Cara Menyimpan Sepatu agar Awet dan tidak Bau

Sepatu sejak dulu menjadi salah satu barang yang banyak dikoleksi. Banyak orang hobi mengoleksi sepatu karena merupakan hobi dan hal menyenangkan.

Sepatu menjadi fashion yang menentukan tampilan penggunanya. Tidak heran banyak kalangan kerap mengganti pilihan sepatu mereka. Nah, jika sepatu sudah menumpuk, sebaiknya Anda mengetahui tips menyimpan sepatu berikut.

1.     Bersihkan sepatu

Cara menyimpan sepatu agar tidak mengelupas yang pertama dengan membersihkan sepatu. Anda perlu membersihkan sepatu terlebih dulu sebelum menaruhnya di tempat aman. Jangan lupa rutin mencuci sepatu minimal sebulan sekali jika Anda jarang menggunakannya.

Sepatu yang dibiarkan kotor dapat menimbulkan bau tidak sedap. Selain keringat, sepatu bau bisa disebabkan jamur yang dipicu kondisi lembab pada kaki.

2.     Gunakan gumpalan kertas

Setiap kali membeli sepatu baru, Anda pasti menemukan gumpalan kertas di dalamnya. Kertas ini tak hanya berfungsi mengganjal bagian dalam sepatu, tetapi juga menyerap aroma tak sedap yang terperangkap di dalamnya.

Gumpalan kertas pada sepatu bisa mencegah hewan-hewan kecil bersarang di dalamnya. Sepatu bisa tetap layak digunakan dalam waktu lama.

3.     Hindari membungkus sepatu dengan plastik

Sepatu yang digunakan seharian kerap menghasilkan bau tak sedap pada alas kaki. Sayangnya banyak orang usai menggunakan sepatu menyimpannya dalam kantong plastik.

Ini bukan ide bagus karena bisa membuat sepatu berjamur dan lembab. Anda sebaiknya menyimpan sepatu dalam dus atau rak miring agar sepatu tetap terjaga dan ‘bernapas’ dengan lega.

4.     Tambahkan silica gel

Silica gel bisa mempertahankan kondisi sepatu tetap kering, sehingga bebas dari lumut dan bakteri. Tips menyimpan sepatu yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan, terlebih jika Anda menyimpan sepatu dalam kotak.

Oleh sebabnya jangan buru-buru membuang silica gel yang Anda dapatkan saat pertama kali membeli sepatu. Manfaatkan benda tersebut untuk seterusnya.

5.     Simpan dalam suhu ruangan

Anda sebaiknya menyimpan sepatu pada suhu ruangan untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap dan lembab. Cara menyimpan sepatu agar tidak bau ini lebih aman agar sepatu yang disimpan bisa tahan lama.

Hindari menyimpan sepatu di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Sinar matahari akan membuat warna sepatu memudar.

6.     Jangan menumpuk sepatu

Jangan pernah menumpuk sepatu di atas sepatu lain, terlebih Anda jarang mengenakannya. Ini bisa mengubah bentuk sepatu.

Kotoran yang menempel mudah menyebar ke sepatu lainnya. Carilah tempat lain supaya sepatu tetap disimpan satu per satu.

Sebaiknya Anda memiliki tempat khusus untuk sepatu supaya sepatu tidak menumpuk. Bentuknya bisa berupa kotak sepatu, rak sepatu, atau gantungan sepatu.

7.     Rutin menjemur sepatu

Sinar matahari merupakan desinfektan alami yang dapat membunuh kuman, jamur, tungau yang menempel pada sepatu. Anda perlu menjemur sepatu setidaknya satu hingga dua kali sebulan dengan cara mengangin-anginkannya.

Perhatikan posisi menjemur sepatu. Hindari menjemur sepatu seharian penuh di tempat yang langsung terpapar sinar matahari.

Nah, dari ketujuh cara menyimpan sepatu agar tidak menguning di atas, apakah Anda sudah melakukan semuanya? Jika belum, yuk segera perbaiki kebiasaan-kebiasaan kecil untuk menjaga koleksi sepatu Anda tetap awet dan tidak berbau.

Sepatu yang tidak disimpan dengan baik menimbulkan masalah kemudian hari. Sepatu Anda bisa menguning, bentuknya rusak, lembab, berbau, bahkan kaki tak lagi nyaman saat menggunakannya. Anda tentunya tak ingin ini terjadi, bukan?

Apalagi jika Anda memiliki sepatu Nike Air Force 1 yang memerlukan perawatan dan penanganan khusus. Nike Air Force 1 kerap disebut primadona sepatu oleh berbagai kalangan yang ingin tampil keren dan trendy.

Anda bisa menemukan banyak pilihan produk Nike Air Force 1 di Blibli. Salah satu mal online terbesar di Indonesia ini membantu Anda memerlukan berbagai pilihan produk sepatu. Marketplace berkualitas dan terbaik yang ada di Indonesia ini menyediakan produk-produk lengkap, original, dan tentunya memilihkan Anda harga yang ramah di kantong.

Anda akan disuguhkan banyak pilihan Nike Air Force 1, mulai dari harga Rp 437 ribu  hingga Rp 3,7 juta. Blibli juga menawarkan ragam promo menarik, seperti diskon pembelian hingga 24 persen yang sayang untuk dilewatkan.

Potongan harga ini tentunya membantu Anda untuk berhemat. Anda juga bisa membeli rak sepatu yang aman untuk menyimpan berbagai koleksi sepatu di sini.

Tampil stylish dengan sepatu bisa mempercantik penampilan. Oleh karenanya miliki dan rawat sepatu Anda bersama Blibli. Jangan lupa memerhatikan ketujuh tips menyimpan sepatu di atas.

Yuk, segera kunjungi aplikasi Blibli dan dapatkan pilihan produk yang diinginkan dengan mudah dan harga yang ramah.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments