Rabu, 6 Juli 2022

Gubernur Jambi Kumpulkan Pemangku Kepentingan Bahas Angkutan Batubara

Selasa, 16 November 2021 | 20:54:56 WIB


Rapat koordinasi penangnaan masalah angkutan truk batubaradi Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi
Rapat koordinasi penangnaan masalah angkutan truk batubaradi Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi / ANTARA/Tuyani

 JAMBI - Gubernur Jambi H Al Haris bersama Forkopimda dan para pemangku kepentingan terkait masalah angkutan batubara di daerah itu menyepakati pengalihan jalur serta jam operasional truk pengangkut barang tambang itu.

"Terdapat beberapa poin yang dibahas dalam rapat ini diantaranya terkait kepadatan jalur  angkutan batubara di kawasan Mendalo, Kabupaten Muarojambi yang akan dialihkan melalui jalur Tempino-Bajubang," kata Al Haris, Selasa (16/11).

Rapat di aula rumah dinas Gubernur Jambu itu juga dihadiri oleh perwakilan pengusaha batubara, awak angkutan truk, mahasiswa dan pemerintah daerah.

"Langkah kedua adalah masalah tonase, ini juga disepakati oleh sopir. Yang jelas kita juga mempertimbangkan nasib mereka. Kita akan mengundang para pemilik izin usaha pertambangan (IUP) untuk mendudukkan harga angkutan berapa yang pantas," kata Gubernur.

Gubernur melanjutkan, untuk jangka panjang dan menengah pemerintah mendorong jalan khusus batubara. Pihaknya juga mendorong pengusaha batu bara untuk ikut andil dalam pembangunan jalan khusus batu bara tersebut.

"Kalau nanti akan ada pembangunan jalan khusus batubara, maka persoalan batubara ini akan selesai," ujarnya.

Saat ini diakui Gubernur proses pembangunan jalan khusus batu bara baru sampai pada tahap pembebasan lahan. "Sekarang sudah mulai tahap pembebasan lahan, dan ganti rugi," katanya.

Adapun komitmen bersama pengendalian permasalahan angkutan umum batubara untuk jangka pendek diantaranya pengalihan rute angkutan ke jalur Muarabulian -Tempino - Pelabuhan Talang Duku. Kemudian perbaikan segera rute jalan Muarabulian-Tempino-Talang Duku, penertiban muatan truk disesuaikan dengan ketentuan Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, sosialisasi Perda nomor 13 tahun 2012 tentang pengaturan pengangkutan batubara dalam Provinsi Jambi.

Kemudian pengaturan kembali jam operasional untuk menghindari keramaian khususnya jalur Mendalo, Kabupaten Muarojambi, pemberantasan pungutan liar di jalan atau lokasi tambang, penyiapan kantong parkir untuk menunggu jam angkut yang diizinkan, penegakan hukum secara ketat terhadap angkutan batubara, penyesuaian edaran tentang angkutan batubara, pembatasan tonase kendaraan sesuai ketentuan dinas perhubungan Provinsi Jambi dan penyesuaian biaya angkutan.

Sementara itu Gubernur Jambi memaparkan komitmen jangka panjang antara lain, pembangunan jalan khusus angkutan batubara oleh investor serta perubahan peraturan daerah Provinsi Jambi Nomor 13 tahun 2012 tentang pengaturan pengangkutan batubara dalam Provinsi Jambi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments