Kamis, 7 Juli 2022

Disaksikan Pengurus Pusat, PTI Korda Jambi Periode 2021-2025 Resmi Dilantik

Selasa, 16 November 2021 | 21:10:31 WIB


/ istimewa

JAMBI - Pengurus Yayasan Pelaku Teater Indonesia (PTI) Koordinator Daerah (Korda) Provinsi Jambi yang diketuai Hendry Nursal, untuk masa kerja 2021 hingga 2025, resmi dilantik Senin (15/11/2021).

Pengurus dikukuhkan melalui pembacaan Surat Keputusan NO: 003/SKP/IX/2021 tertandatangan tanggal 13 September 2021 oleh Koordinator Nasional, Agus Subagyo.

Dalam prosesi tersebut disaksikan Ketua Umum Ketua Umum PTI Agus Setiawan, Ketua Dewan Pembina yaitu Prof Dr Autar Abdillah, Slamet Rahardjo selaku anggota Dewan Pembina, Ketua Dewan Pengawas yaitu Embi C Noer.

Berangkat dari kegelisahan yang sama agar pelaku teater di Indonesia profesional dan berdaya saing global adalah sebuah keniscayaan, sekaligus merupakan sebuah tantangan. Maka organisasi bernama Yayasan Pelaku Teater Indonesia dan disingkat PTI, bila disebutkan dalam bahasa Inggris ialah Indonesian Performer Foundation (IPF) dideklarasikan di Jakarta pada 10 Juni 2021.

Hendry menyebutkan PTI akan menjadi rumah dan wadah bagi pelaku Teater untuk mewujudkan pelaku yang profesional, berdaya saing global dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Tujuan PTI memperjuangkan kesejahteraan dan hak-hak Pelaku Teater, mengembangkan kapasitas dan kompetensi Pelaku Teater,” harap Hendry.

“Kepengurusan diisi pelaku teater di Jambi, dari berbagai komunitas teater yang masih terus bergerak hingga saat ini. Di samping itu juga ada personal non komunitas, akademisi dengan latar belakang seorang guru, dosen, peneliti, penulis. Lalu mahasiswa, badan bahasa, tenaga ahli di bidang pertunjukan yang selama ini bergelut untuk urusan artistik secara teknis dalam pertunjukan, serta sebagai tambahan kita punya perwakilan juga di kepengurusan PTI Pusat sebagai Humas Eksternal yaitu Putra Agung,” katanya.

Momen pelantikan pengurus diwarnai dengan pergelaran Teater Tonggak berjudul 'Tanda Silang' karya Eugene O'Neill terjemahan WS Rendra, disutradarai Penasehat PTI Korda Jambi yaitu Didin Siroz, yang merupakan rangkaian dari Temu Teater Sumatera 2021.

Menariknya lagi 3 pengurus turut hadir dipanggung sebagai pemeran yaitu Salira Ayatusyifa, Husni Thamrin bahkan Hendry Nursal.

Yayasan Pelaku Teater Indonesia dimaksud merupakan wadah aspirasi dan forum komunikasi para Pelaku Teater yang harus selalu meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan invensi dan inovasi, hingga dapat berkontribusi dan berdaya saing secara global.

Selain itu Yayasan Pelaku Teater Indonesia dapat melakukan langkah strategis perlindungan hukum untuk para Pelaku Teater dalam menjalankan tugas profesinya dan mensinergikan perjuangan advokasi terhadap berbagai kebijakan negara maupun institusi yang berkaitan dengan keselamatan dan kemaslahatan para Pelaku Teater.

Yayasan ini juga dapat berperan sebagai mitra pemerintah dalam menetapkan arah, tujuan dan sasaran pembangunan nasional untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Sebagai konsekuensinya, Yayasan ini juga harus mampu mendorong lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif maupun swasta untuk memberikan akses infrastruktur dan suprastruktur dalam rangka meningkatkan profesionalisme Pelaku Teater.

Dengan demikian para Pelaku Teater dapat dikukuhkan sebagai pilar utama dalam memajukan pembangunan nasional berkelanjutan berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, sehingga bermanfaat bagi terwujudnya keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Untuk mewujudkan pokok-pokok pikiran tersebut di atas, berbagai potensi Pelaku Teater yang ada di Indonesia perlu dihimpun dalam satu wadah.(*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments