Rabu, 6 Juli 2022

Gubernur Jambi Minta Evaluasi CSR

Rabu, 17 November 2021 | 11:21:54 WIB


/ istimewa

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris meminta kontribusi tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di Jambi untuk dievaluasi dan dibenahi dalam rentang waktu tiga bulan sekali.

Al Haris mengatakan, perlu adanya evaluasi sejauh mana forum CSR di Provinsi Jambi berkontribusi untuk masyarakat.

"Kita berharap dengan program CSR ini bisa menambah kontribusi terkait penanggulangan kemiskinan. Kita butuh fakta-fakta akurat di lapangan bahwa CSR ada di Jambi, kita perlu laporan. Apa dampaknya untuk pendidikan, keagamaan atau sosial lainnya," kata Al Haris.

Tidak hanya itu, Al Haris juga berharap dengan adanya sinkronisasi pengembangan program CSR di Provinsi Jambi, pemberdayaan potensi usaha melalui CSR dapat dibenahi kembali.

"Yang terpenting adalah kegiatan CSR ini amaliah, untuk amal ibadah. Kalau kita konsentrasi di forum ini, pengusaha terketuk hatinya merespon untuk membantu, forum ini akan jalan," ujarnya.

Selanjutnya, Al Haris juga mengatakan bahwa ada tiga komponen yang menjadi kewajiban dalam penyaluran CSR ini seperti disabilitas, fakir miskin, anak terlantar dan lansia.

"Nanti kita akan rapat pertiga bulan, saya akan evaluasi teman-teman yang respon untuk membantu ini. Saya tahu teman-teman punya respon di daerah dekat perusahaan, tapi belum terkontrol belum terbuka," katanya.

Setidaknya gubernur mengatakan dari catatan Pemprov pada 2016 terdapat 400 perusahaan di Provinsi Jambi, dan tahun 2021 ini kemungkinan bertambah banyak.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi Arief Munandar pada Selasa (16/11/2021) mengungkapkan kemungkinan kedepan ada forum khusus untuk membentuk kembali kepengurusan forum CSR bidang sosial di Provinsi Jambi.

"Jadi kami sangat berharap kepada seluruh perusahaan yang ada, memberikan kontribusi dalam rangka pembentukan kepengurusan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan di bidang sosial," katanya.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments